7 Negara Ikut Meriahkan Pesta Kesenian Bali 2019

7 Negara Ikut Meriahkan Pesta Kesenian Bali 2019
Sejumlah seniman membawakan Tari Okokan dalam parade Pesta Kesenian Bali ke-39 di depan Monuman Bajra Sandhi, Denpasar, 10 Juni 2017. ( Foto: Antara/Nyoman Budhiana )
I Nyoman Mardika / FER Selasa, 11 Juni 2019 | 20:13 WIB

Denpasar, Beritasatu.com - Peserta dari tujuh negara dipastikan ikut memeriahkan Pesta Kesenian Bali ke-41 yang berlangsung mulai 15 Juni hingga 13 Juli mendatang. Selain dimeriahkan duta kesenian asing dari Tiongkok, ada juga duta kesenian dari sejumlah negara lainnya, seperti Amerika Serikat (AS) Jepang, India, Korea, Rusia, dan Singapura.

Semua negara yang ikut ambil bagian dalam PKB 2019, lebih banyak akan tampil dalam pagelaran yang berlangsung di panggung Arda Candra Denpasar. Sedangkan untuk pawai yang rencananya akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), peserta yang ikut serta adalah duta kesenian yang tergabung dalam teater lagu dan tari dari Kota Kunming, Provinsi Yunnan, Republik Rakyat China (RRC).

"Dari data yang ada dari tujuh negara yang ikut ambil bagian, ada yang mengirim lebih dari satu kontingen seperti peserta dari AS," ujar Kepala Dinas Kebudayaan Bali, I Wayan Adnyana, Selasa (11/6/2019).

Konsul Jenderal RRC di Denpasar, Gou Haodong, mengatakan, penampilan kelompok kesenian dari Kota Kunming, Yunnan, dalam PKB tahun ini merupakan tindak lanjut undangan dari Pemerintah Provinsi Bali serta koordinasi dukungan pihak Konsulat Jenderal China di Denpasar. Sebab, Provinsi Yunnan dan Provinsi Bali, sebelumnya telah mempunyai hubungan Sister Province.

"Lokasi geografis di Yunnan yang unggul, telah melahirkan tradisi dan budaya yang unik dan berwarna-warni. Pada PKB tahun ini, kelompok kesenian tersebut akan membawakan lagu, tarian, dan pertunjukan alat musik khas yang berasal dari berbagai kelompok etnik Tiongkok, seperti etnis Dai, Wa, Yi, dan sebagainya," ucap Guo Haodong.

Menurut Guo, mereka akan tampil memeriahkan Pesta Kesenian Bali 2019 pada Senin (17/6/2019), mulai pukul 19.30 Wita di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali. Pertunjukan itu dapat disaksikan secara gratis oleh para pengunjung yang datang ke Taman Budaya di Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali.



Sumber: Suara Pembaruan