Akses Keluar Tol Disediakan Sepanjang Jalur Satu Arah

Akses Keluar Tol Disediakan Sepanjang Jalur Satu Arah

Minggu, 19 Mei 2019 | 14:50 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan dengan diberlakukannya satu arah (one way) di jalur tol mulai dari Cikarang kilometer (KM) 29 hingga Brebes kilometer 263, pengemudi yang melewati jalur one way tetap bisa keluar di pintu-pintu keluar tol yang telah disediakan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, dengan sistem one way, jalur A (dari arah Jakarta ke arah timur) dan jalur B (dari arah timur ke Jakarta) akan digunakan satu arah dari Jakarta menuju ke arah timur (hingga Brebes Barat). Pengelola jalan tol telah menyiapkan akses jalan bagi pengendara di jalur B yang ingin keluar tol.

"Tadi kita bahas tentang detail rencana memberlakukan satu arus, satu hal yang penting bahwa dengan diberlakukannya satu arus, tidak berarti hanya bisa keluar di Cirebon semua. Sebagai contoh, mereka yang ke Majalengka, Palimanan, Indramayu, bisa keluar di gerbang tol Plumbon. Kemudian itu mau ke Tasik, Kuningan, Ciamis, Banjar bisa keluar di gerbang tol Ciperna Utama. Pejagan kalau mau ke Purwokerto, bisa keluar di gerbang tol Pejagan,” jelas Budi dalam keterangannya, Minggu (19/5/2019).

Guna mendukung kelancaran arus mudik, ruas tol dari Cikarang Utama KM 29 - Brebes Barat KM 263, akan diberlakukan satu jalur (one way) pada tanggal 30 Mei-2 Juni 2019. Menurut Menhub, pemberlakuan sistem one way ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan dari Jakarta yang akan menuju ke Jawa Tengah.

Menhub mengatakan, jumlah kendaraan yang diperkirakan akan mencapai 150.000 pada musim Lebaran tahun ini akan terbagi sebesar 55 persen ke arah Cirebon atau Semarang, serta 45 persen sisanya menuju ke arah selatan seperti Bandung dan Purbaleunyi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, dengan diberlakukannya sistem one way, para pengendara bisa menggunakan rest area yang ada di kedua sisi jalan tol. Harapannya, dengan peningkatan kapasitas rest area di kedua sisi dapat mengurangi kemacetan akibat penumpukan kendaraan di rest area.

"Pada kondisi one way masyarakat bisa memakai rest area di kedua sisi. Jadi di sisi jalur A dan B bisa dipakai, dua-duanya mengarah ke timur pada saat mudik. Ini kita anggap bisa memberikan solusi, yang selama 2 tahun ini kapasitas gerbang memadai tapi penyebab kemacetan hampir semua karena rest area. Dengan kedua sisi bisa dipakai kapasitas rest area jadi dua kali lipat," tambah Desi.

Sementara itu, untuk pengendara dari Jawa Tengah yang akan menuju ke Jakarta pada saat tanggal 30 Mei-2 Juni 2019 mendatang diimbau untuk bisa menggunakan jalur arteri Pantura ataupun bisa melakukan perjalanan sebelum dan sesudah tanggal pemberlakuan one way.

"Jalur Pantura, kita sediakan untuk arus sebaliknya pada saat mudik yaitu dari Jawa menuju Jakarta. Polisi sudah kita minta untuk melakukan konsentrasi. Jadi pemda sudah menghilangkan pasar tumpah, dan melakukan pengaliran arus pada persimpangan supaya jalur bisa dikendalikan dengan baik. Kalau ada yang ingin mudik dari Semarang ke Jakarta kalau ingin lebih nyaman bisa sebelum tanggal 30 Mei atau setelah itu," kata Menhub.

Adapun pada saat arus balik, sistem one way juga akan kembali diberlakukan di ruas tol Palimanan KM 189 - Cikarang Utama KM 29 pada tanggal 8-10 Juni 2019.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Gubernur Jatim Inspeksi Penjualan Parsel di Surabaya

Selama melakukan inspeksi, Gubernur secara umum tidak menemukan pelanggaran.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Polres Surabaya Ciduk Guru Honorer Penghina Presiden Jokowi

Pelaku memakai akun atas nama Putra Kurniawan untuk mengancam presiden dan menghina tokoh-tokoh lain.

NASIONAL | 19 Mei 2019

KRI Yos Sudarso 353 Kunjungi Pulau Terluar

KRI Yos Sudarso 353 mengunjungi Pulau Fani yang merupakan pulau terluar Indonesia terletak di Samudra Pasifik berbatasan dengan negara Palau.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Dihadiri Sekjen PDIP, Perayaan Waisak di Borobudur Ujudkan Doa untuk Perdamaian Indonesia

Masih ada kalangan kecil yang mencoba memaksakan kehendak dengan mengingkari proses demokrasi yang telah disuarakan rakyat secara merdeka.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Jelang 22 Mei, Situasi Kamtibmas di Indonesia Kondusif

Masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang dilontarkan pihak tertentu untuk mengacaukan bangsa ini.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Sejauh 450 Meter

Guguran lava yang terpantau melalui CCTV mulai pukul 00:00-06:00 WIB itu mengarah ke Hulu Kali Gendol.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Kakorlantas Polri Pantau Kesiapan Jalur Mudik Trans Jawa-Bali.

Kakorlantas juga melakukan peninjauan kesiapan pelabuhan penyeberangan di Ketapang-Gilimanuk.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Gerakan Muda FKPPI Siap Jadi Ujung Tombak Generasi Muda

GM FKPPI pimpinan Shandy Mandela Simanjutak resmi dilantik FKPPI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

NASIONAL | 19 Mei 2019

Waspadai 5 Titik Rawan Jalur Lintas Sumatera Ini

Pemudik perlu waspada saat berkendara terutama pada malam hari.

NASIONAL | 19 Mei 2019

Buruh Jakarta Tidak Lakukan Aksi pada 22 Mei

Buruh Jakarta tak ikut unjuk rasa pada 22 Mei 2019.

NASIONAL | 19 Mei 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS