Musisi Lawas Hadapi Tantangan Kesempatan dan Inovasi

Musisi Lawas Hadapi Tantangan Kesempatan dan Inovasi
Boyband Cowboy ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 19 September 2018 | 20:27 WIB

Jakarta - Inovasi dibutuhkan industri musik tanah air menyikapi cepatnya perubahan genre musik agar bisa tetap eksis. Tak jarang musisi-musisi yang dahulu tenar lewat penampilan apiknya harus berjuang ekstra keras bersaing dengan musisi-musisi muda bila ingin eksis industri musik. Salah satunya dengan mengikuti selera pasar.

"Industri musik tanah air memang berkembang dengan cepat sesuai dengan era dan zamannya. Hal itu yang mengharuskan kita sebagai musisi harus terus berinovasi sesuai dengan zamannya bila masih ingin terus eksis. Kesempatan yang diberikan stasiun televisi pun makin lama makin berkurang bila permintaan pasar akan musisi lawas berkurang. Buat kami itu wajar karena era dan zamannya serta generasinya juga berubah," ujar Gilbert Pattiruhu  salah seorang personel di grup vokal Coboy yang sempat tenar di era tahun 90-an dalam jumpa pers Malam Puncak AMI Awards 2018 di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (19/9).

Namun dikatakannya, sebagai musisi juga pasti punya penggemar dan segmen sendiri sehingga perlu juga terus berinovasi agar penggemar tidak menghilang.

Untuk itu dia berharap musisi lawan seperti dirinya diberi kesempatan untuk tampil di sebuah acara besar. Dengan ini maka para musisi akan tergerak untuk kembali berkarya dan menghasilkan sebuah karya baru yang bisa dinikmati oleh generasi muda saat ini.

"Buat saya dan juga rekan-rekan di Cowboy, kesempatan besar diberikan masyarakat untuk berkarya lagi pastinya membuat kami optimis musik dan karya yang kami buat dahulu masih bisa diterima dengan baik oleh generasi sekarang. Namun kita pastinya juga akan berinovasi untuk bisa terus eksis. Namun kadang kenyataan agak sulit karena masing-masing kita sudah punya kesibukan, dan aktivitas lain," lanjutnya

Cowboy yang berdiri tahun 1991 sempat meluncurkan 5 album direntang tahun 1991-1997. Grup yang beranggotakan Gilbert Patiruhu, Ferry, Ponco Buwono, dan Ali Mustafa ini merupakan para mantan coverboy diera 80-90an yang menjadi cikal bakal era boyband dan girlband di masa sekarang.

Tembang hits seperti "Katakanlah", dan "Percayalah" sempat tenar di era 90an dan menempatkan mereka sebagai musisi papan atas kala itu.



Sumber: BeritaSatu.com