Teknisi KTM Dilengkapi Pemindai Canggih

Teknisi KTM Dilengkapi Pemindai Canggih
Karmanto Kama, pejabat after sales service sepedamotor KTM, menunjukkan cara kerja XC-2 Diagnostic Tools. ( Foto: Beritasatu / Elsid Arendra )
Elsid Arendra / HA Minggu, 21 Juli 2019 | 05:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -  Sebagai bagian dari penyempurnaan layanan pelanggan purna-jual di Indonesia, produsen sepeda motor Austria KTM membekali para teknisinya dengan perangkat diagnosa yang lebih presisi dan kredibel.

Hal itu dilakuan setelah distributor lokal PT Penta Jaya Laju Mapan meluncurkan dua motor besar KTM 750 Adventure Harder dan Duke 750.

Dengan perangkat bernama XC-2 Diagnostic Tools ini, teknisi akan langsung tahu di mana letak gangguan atau kerusakan yang terjadi, misalnya pada sistem pengapian, tanpa perlu membongkar motor.

Alat ini seperti pemindai atau scanner yang begitu tersambung maka monitor akan menunjukkan letak permasalahan.

Menurut Karmanto Kama, pejabat after sales service KTM di jalan Ciputat Raya, alat seharga hampir Rp 100 juta ini memiliki kamera yang bisa berfungsi seperti USG.

“Bila ada kerusakan atau masalah pada unit sepeda motor keluaran KTM, kami tinggal menghubungkan ECU (electronic control unit) motor dengan alat ini. Begitu terhubung dan sistem bekerja melalui saluran internet, titik permasalahan pada motor akan langsung terdeteksi.” Ungkapnya belum lama ini.

XC-2 Diagnostic Tools kompatibel dengan semua lini produk KTM. Alat ini bisa mendeteksi semua permasalahan pada semua sistem motor yang dilengkapi sensor termasuk tekanan angin ban.

Pada seri tertentu, untuk motor di bawah 400cc terutama dirt bike yang lebih sederhana, alat ini terbatas mendeteksi masalah hanya apa yang terekam pada ECU.

"Keuntungan bagi konsumen, alat ini bisa mendeteksi dengan cepat ketika ada masalah pada motor sehingga bisa menyingkat waktu perbaikan karena tidak harus bongkar seluruh parts (komponen) motor," ungkap Karmanto.

“Alat ini menghubungkan semua ECU motor KTM dengan cloud milik pabrik KTM di Austria sehingga semua data akan terekam dan tersimpan secara terpusat. Karakter berkendara pemilik motor, jadwal servis dan update peranti lunak bisa diketahui melalui alat ini dan tersimpan di server milik KTM di Austria. Pemilik motor juga akan merasa nyaman karena ride record hingga proses garansi semuanya terekam dengan baik.”

Karmanto adalah juga teknisi resmi KTM Indonesia yang telah mengantongi sertifikat level orange, level tertinggi untuk pelatihan teknisi KTM di Austria.

Di kesempatan yang sama, presiden direktur PT PJLM Kristianto Goenadi juga menyatakan bahwa kini ketersediaan suku cadang untuk semua lini produk KTM lengkap tersedia.

“Kami tidak hanya menjual produk, kami juga ingin pelanggan kami merasa aman dan nyaman ketika membeli produk sepeda motor KTM di tanah air. Karena itu suku cadang untuk kategori fast moving, slow moving hingga suku cadang yang paling jarang diganti sekali pun kami pastikan lengkap tersedia. Ditambah layanan after sales dengan dukungan teknologi XC-2 Diagnostic Tools ini kami bisa menjamin rasa aman dan nyaman kepada pembeli sepeda motor KTM,” ungkapnya.

Di Tanah Air, PT PJLM kini memiliki 20 jaringan dealer resmi dan akan ada tujuh dealer yang menjual motor premium dengan layanan KTM XC-2 Diagnostic Tools dan mekanik bersertifikat dari KTM Austria.



Sumber: BeritaSatu.com