Jokowi: Dampak Pabrik Esemka Hingga ke Industri Rumah Tangga

Jokowi: Dampak Pabrik Esemka Hingga ke Industri Rumah Tangga
Presiden Joko Widodo meninjau pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019. ( Foto: Istimewa )
Whisnu Bagus Prasetyo / Carlos KY Paath / WBP Jumat, 6 September 2019 | 15:34 WIB

Boyolali, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik dan prasarana produksi mobil nasional yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng). Pabrik Esemka berdampak positif pada industri turunannya.

"Pabrik Esemka akan memiliki efek berantai di belakangnya baik pemasok, industri menengah, industri kecil, sampai industri rumah tangga yang berperan dalam rantai pasokan panjang sehingga membuka lapangan pekerjaan yang sebanyak-banyaknya," kata Jokowi di sela peresmian pabrik Esemka di Boyolali, Jumat (6/9/2019).

Keberadaan pabrik Esemka kata dia, tidak hanya berdampak pada pekerja melainkan perekonomian warga setempat. "Ini multiplier effectnya besar kepada kita, utamanya ekonomi di Kabupaten Boyolali, akan sangat besar," kata Jokowi.

smk

Presiden Joko Widodo meninjau pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 6 September 2019.

Jokowi mengungkapkan, dalam membuat mobil tidak hanya memproduksi, tetapi bagaimana menjualnya. "Kalau harganya enggak sambung dengan konsumen siapa yang beli," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, produksi mobil Esemka menggunakan sebagian komponen lokal. "Tadi dari belakang saya lihat bagaimana mesin dan komponen-komponen lain dirakit. Yang saya lihat, saya senang, bahwa supplier komponen yang ada banyak sekali berasal dari dalam negeri. Artinya local contentnya juga sudah baik meskipun saya tahu pasti belum sampai ke angka 80 apalagi 100 persen," kata Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com