Menpora Ingatkan Kaum Milenial untuk Rawat Kebhinekaan

Menpora Ingatkan Kaum Milenial untuk Rawat Kebhinekaan
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjadi keynote speaker pada webinar bersama PP HIPMI, Senin (6/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Selasa, 7 Juli 2020 | 16:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan para pemuda dan kaum milenial untuk merawat kebhinekaan.

Hal ini disampaikannya ketika menjadi keynote speaker pada webinar yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (PP HIPMI).

"Para founding fathers kita yang telah meletakkan dasar-dasar dalam bentuk negara kesatuan NKRI, ideologi Pancasila dan UUD 1945 serta dasar Bhineka Tunggal Ika tentu menjadi fondasi penting yang harus terus dipertahankan dan dirawat," ungkap Zainudin di Kantor Kempora, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Menpora menuturkan, peran generasi muda dalam merawat eksistensi bangsa sangat diperlukan.

"Sebagai anak muda bangsa, kita tidak boleh merasa lelah dan capek merawat eksistensi bangsa. Dengan memulai dari diri sendiri, bangsa inilah yang tepat bagi diri kita, tidak ada bentuk dan pilihan lain. Kita boleh membahas panjang lebar tentang ideologi bangsa Pancasila tetapi jangan ada niatan untuk mengganti ideologi ini dengan ideologi baru," tegas Zainudin.

Pada webinar tersebut, Menpora turut mengingatkan kaum milenial akan dihadapkan tantangan besar seiring dengan perkembangan zaman.

"Jika tidak kreatif, inovatif, maka ia akan tergusur oleh perkembangan zaman. Terledih ke depannya, akan ada bonus demografi," urainya pada webinar yang bertajuk "Generasi Muda Merawat dan Berkontribusi bagi Bangsa" tersebut.

Dalam menghadapi bonus demografi tersebut, para pemuda diharapkan mengembangkan kewirausahaan. Kempora bersama Kementerian Koperasi dan UKM saat ini disebutkan menargetkan adanya 5.000 pemuda entrepreneur agar bisa bertahan dan bersaing.

Tak hanya itu, pihaknya akan bekerja sama dengan HIPMI dalam menyelenggarakan program-program menuju pemuda yang mampu berwirausaha mandiri.

Terkait kerja sama tersebut, Ketua PP HIPMI Mardani H Maming mengakui HIPMI siap mendukung Kempora untuk mencetak wirausaha muda.

"Kita siap bersama Kemenpora mendoktrin pemuda agar bagaimana anak muda berani menjadi entrepreneur, terlebih dalam menyambut bonus demografi," ujar Mardani.



Sumber: BeritaSatu.com