Soal Venue Piala Dunia, PSSI Diminta Terus Koordinasi dengan FIFA

Soal Venue Piala Dunia, PSSI Diminta Terus Koordinasi dengan FIFA
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika menghadiri konferensi pers di Media Center Kempora, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Kamis, 2 Juli 2020 | 07:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menginginkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk terus berkoordinasi dengan FIFA terkait venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Hal ini disampaikan Menpora Zainudin usai mengikuti rapat internal terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Menpora Sebagai Ketua INAFOC Piala Dunia U-20 2021

Menurutnya, hanya menunggu keputusan dari FIFA akan lama. Sedangkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) yang bertanggung jawab atas infrastruktur Piala Dunia U-20 membutuhkan waktu untuk pengerjaan dan persiapan administrasi.

"Itu tugas PSSI untuk berkomunikasi dengan FIFA," ungkap Zainudin pada konferensi pers di Media Center Kempora, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dirinya menyatakan, terdapat empat stadion yang sudah disetujui oleh FIFA. Keempat stadion ini adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali, dan Stadion Manahan di Solo.

Sementara, Stadion Si Jalak Harupat Bandung dan Stadion Jakabaring Palembang masih menunggu restu dari FIFA. Oleh karena itu, PSSI diminta untuk terus berkoordinasi dengan FIFA.

"Kalau ada perubahan, itu akan disesuaikan dengan keputusan FIFA. PSSI harus koordinasi dengan FIFA secara terus menerus. Kita tunggu. Keputusan (rapat) tadi penting segera untuk diambil karena Kempupera membutuhkan kepastian untuk pengerjaan secara fisik maupun persiapan administrasi," jelas Zainudin.

"Kalau FIFA memutuskan lain, nanti disesuaikan. Kita harap FIFA akan menyesuaikan dengan apa yang dipersiapkan,” imbuhnya.

Presiden Jokowi, lanjutnya, berharap tim nasional Indonesia juga berprestasi di Piala Dunia U-20 ini.

"Tidak hanya sampai penyisihan saja. Jadi ,sebagai tuan rumah harus kita maksimalkan. Harapan Presiden harus berprestasi,” tutup Menpora.



Sumber: BeritaSatu.com