Logo BeritaSatu

Ahok Dinilai Kuat untuk Rebut Kursi Gubernur DKI

Rabu, 5 Januari 2022 | 09:52 WIB
Oleh : Markus Juntianto Sihaloho / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menilai peta bakal calon potensial untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 masih sangat cair. Nama-nama yang kuat masih nama calon lama seperti Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

Hal itu disampaikan Qodari menanggapi pernyataan Wakil ketua DPRD DKI Jakarta asal Gerindra, MTaufik. Dia mengaku akan mendorong partai segera membahas isu bakal calon tersebut.

Dibenaknya, nama potensial adalah seperti Anies Baswedan, Wagub Ahmad Riza Patria, Bahlil Lahadalia, hingga Airin Rachmi Diany.

"Ini menarik ya, karena nama-nama sudah mulai muncul. Tetapi saya kira masih sangat amat dinamis," kata Qodari, Rabu (5/1/2022).

Ada sejumlah hal yang menyebabkan ketidakpastian itu. Yang Pertama, suara parpol pengusungnya masih dinamis karena tergantung pada hasil Pemilu 2024 yang akan dilakukan beberapa bulan sebelum gelaran Pilkada Serentak 2024.

"Kalau di Pilkada Jakarta ini partainya masih belum pasti. Bisa saja misalnya PSI naik lagi, sehingga potensial mengajukan calon. Misalnya bisa juga PKS suaranya naik, itukan juga mempengaruhi calon. Jadi ini masih sangat cair," ujarnya.

Nah, seandainya masuk ke tataran nama bakal calon, Qodari menduga nama-nama dengan elektabilitas tinggi adalah nama lama yang pernah maju di pilkada. Sebut saja Anies Baswedan dan Basuki. Dan ditambah AH Yudhoyono yang pernah bertarung di Pilkada lalu namun keok di awal. Minimal dia sudah dikenal oleh masyarakat di Jakarta.

Nama-nama lain yang baru muncul seperti Bahlil, Airin, Sahroni, dinilai masih belum setinggi tiga nama yang disebutnya tadi.

"Bahkan Riza Patria pun masih dinamis, karena dia Wagub pengganti dan relatif baru menjabat," imbuhnya.

Untuk nama Tri Rismaharini, Qodari menilainya masih belum muncul sebagai calon yang potensial. Sebab PDI Perjuangan, partainya Risma, memang belum menyebutkan atau mengumumkan namanya untuk maju sebagai calon.

Untuk Airin, Qodari menilainya sebagai sosok yang potensial. Namun sebagai politikus yang selama ini diusung oleh Golkar, Airin harus berkontestasi dengan Ahmad Zaki Iskandar. Nama terakhir adalah Bupati kabupaten Tangerang yang sekarang merupakan Ketua Golkar Jakarta, yang juga potensial maju.

"Jadi ini masih sangat cair, belum tahu siapa akan berpasangan maju dan satu variabel lagi adalah melihat dari hasil Pemilu dan Pilpres 2024 yang akan datang, siapa yang akan maju dan jadi calon," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banggar DPR Setujui Belanja Negara pada APBN 2022 Jadi Rp 3.106 Triliun

Banggar DPR menyetujui usulan pemerintah terkait revisi belanja negara pada APBN 2022 menjadi Rp 3.106 triliun sebagai dampak naiknya subsidi energi. 

NEWS | 19 Mei 2022

Pimpin DPR, Puan Maharani Tak Tergoda Manuver Politik

Selama memimpin DPR, Puan Maharani dinilai lebih mengutamakan solusi dari berbagai permasalahan bangsa dan tidak peduli dengan manuver politik. 

NEWS | 19 Mei 2022

KPK Tunggu Waskita Karya Cs Kembalikan Uang Negara Terkait Korupsi Proyek IPDN

KPK masih menunggu PT Waskita Karya, PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya untuk mengembalikan kerugian keuangan negara terkait kasus korupsi proyek IPDN.

NEWS | 19 Mei 2022

Aturan Lepas Masker, Pemkot Bogor Tunggu Instruksi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih menunggu instruksi pemerintah pusat terkait aturan lepas masker di luar ruangan.

NEWS | 19 Mei 2022

Elektabilitas Ganjar Pranowo Rendah, LSJ: Sebuah Anomali

Survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki tingkat elektabilitas rendah di kalangan generasi digital natives

NEWS | 19 Mei 2022

Kementerian PPPA: Kesetaraan Gender Jadi Isu Prioritas

Kesetaraan gender menjadi isu prioritas yang dilakukan pemerintah pada saat ini hingga lima tahun ke depan.

NEWS | 19 Mei 2022

Kasus Minyak Goreng, Kejagung Periksa 2 Kolega Lin Che Wei di IRAI

Kejagung memeriksa dua analis PT Independent Research & Advisory Indonesia (IRAI) terkait kasus minyak goreng yang menjerat Lin Che Wei. 

NEWS | 19 Mei 2022

Suap Izin Alfamidi, Kediaman Wali Kota Ambon Digeledah KPK

KPK kembali melakukan upaya penggeledahan paksa pada sejumlah lokasi terkait kasus dugaan suap yang menjerat Wali Kota Ambon

NEWS | 19 Mei 2022

Polda Metro Jaya Bakal Cek Bukti Kehamilan Dea Onlyfans

Polda Metro Jaya akan memeriksa bukti berupa USG untuk memastikan Dea OnlyFans yang merupakan tersangka kasus pornografi tengah hamil. 

NEWS | 19 Mei 2022

Kepuasan Generasi Digital terhadap Kinerja Jokowi Menurun

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) mengungkapkan adanya penurunan kepuasan terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dari kalangan generasi digital natives

NEWS | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hujan Kartu Merah Warnai Laga Timnas Indonesia vs Thailand

Hujan Kartu Merah Warnai Laga Timnas Indonesia vs Thailand

BOLA | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings