Logo BeritaSatu

Komoditas Pangan Meningkat, Ikapi Dorong Operasi Pasar

Senin, 27 Desember 2021 | 21:33 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAR

Tangerang, Beritasatu.com – DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikapi) mendorong Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan operasi pasar. Tujuannya untuk bersama-sama mencegah peningkatan harga pangan agar bisa terjangkau. Sebab, harga komoditas pangan di beberapa pasar wilayah Tangerang mengalami peningkatan. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Ikapi Reynaldi Sijowan dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

“Harapannya pemerintah turun tangan dengan menggelar operasi pasar untuk kembali menstabilkan harga-harga tersebut,” katanya.

“Kami yang pasti menyayangkan adanya peningkatan sejumlah bahan komoditas pangan yang meningkat drastis di musim Natal dan Tahun Baru 2022 ini. Di mana ada tiga bahan komoditas pangan yang menjadi perhatian kami, lantaran naiknya tidak wajar dan baru pertama kali terjadi, yakni peningkatan harga minyak goreng kemasan, cabai rawit merah dan telur,” kata Reynaldi.

Diakui Reynaldi, berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa pedagang komoditas yang mengalami peningkatan itu di antaranya minyak goreng kemasan. Terlebih, saat ini harga CPO dunia tengah naik tinggi.

“Selain itu harga Cabai rawit merah yang juga relatif tinggi karena adanya faktor cuaca dan permintaan tinggi dari masyarakat namun supplynya kurang, sehingga membuat harga cabai melonjak. Bahkan hari ini harga perkilonya sudah mencapai Rp 100.000 lebih,” katanya.

“Yang ketiga harga telur yang biasanya Rp 23.000-25.000 per kilogram, saat ini harganya bisa mencapai Rp 30.000. Ini juga merupakan peningkatan yang tidak biasa, sehingga ke depan kami berharap harga telur bisa diantisipasi dengan strategi desain telur dan ayam yang baik,” imbuh Reynaldi.

Terkait peningkatan itu, Ikapi berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk bisa menstabilkan kembali harga komoditas pangan yang ada di pasar-pasar tradisional agar bisa terjangkau oleh masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Puan Harap RAPBN 2023 Tetap Berpijak pada Rakyat Kecil

Puan Harap RAPBN 2023 Tetap Berpijak pada Rakyat Kecil

EKONOMI | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings