Logo BeritaSatu

Faktor Pengemudi Dominasi Penyebab Kecelakaan Transjakarta

Sabtu, 11 Desember 2021 | 18:49 WIB
Oleh : Chairul Fikri / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga kini masih terus melakukan audit terhadap beberapa kecelakaan yang dialami bus Transjakarta. Berdasarkan audit sementara, beberapa kecelakaan yang dialami moda transportasi terbaik di DKI Jakarta itu terjadi akibat faktor manusia (pengemudi) yang kelelahan akibat pola kerja.

Hal itu diungkapkan Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono dalam keterangannya, Sabtu (11/12/2021).

"Berdasarkan audit sementara KNKT terhadap kecelakaan Transjakarta, masalah human factor (faktor manusia atau pengemudi) menjadi yang paling dominan terjadinya kecelakaan. Karena unit Transjakarta kan berjalan di koridor, yang menyebabkan rasa lelah dan jenuh yang luar biasa yang dialami pengemudi sehingga terjadi kecelakaan," ungkap Soejanto.

Ditambahkannya, kecelakaan yang melibatkan Transjakarta antara Januari-Oktober 2021 sudah mencapai 502 kali.

"Itu yang menyebabkan kami anggap kecelakaannya sudah melebihi batas toleransi yang bisa kita terima. Oleh sebab itu manajemen TransJakarta harus punya solusi dan harus mendengarkan rekomendasi atau masukan agar mencegah atau minimal menekan sekecil mungkin angka kecelakaannya," lanjutnya.

Pihaknya juga berharap pihak PT Transjakarta agar bisa terbuka mencari solusi terbaik bersama Pemerintah DKI Jakarta dan juga KNKT agar kedepan kecelakaan tidak berkurang.

"Harus ada solusinya, bagaimana kedepannya kami akan lihat scheduling antara libur dan hari kerja terus, bagaimana jam kerjanya, terus bagaimana masalah-masalah lain yang berkaitan dengan masalah pengemudi. Pengemudi yang kecelakaan rata-rata mengeluh mengantuk karena pola kerja yang ketat sehingga pengemudi Transjakarta yang berjalan di koridor yang sempit bisa fokus dan berkonsentrasi saat mengemudikan bus-nya dibanding jalan biasa," tandasnya.

Pihak Trans Jakarta sendiri dalam rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta awal pekan ini menyebut dari 502 kecelakaan TransJakarta, 88 % merupakan kecelakaan tunggal yang mungkin terjadi karena faktor manusia dan 12 persen lainnya karena ditabrak atau diserempet kendaraan lain.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
1 Set Hilang, Pelatih Voli Putra: Banyak Lakukan Kesalahan

1 Set Hilang, Pelatih Voli Putra: Banyak Lakukan Kesalahan

SPORT | 13 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings