Logo BeritaSatu

Kabupaten Bogor Dikeluarkan dari Aglomerasi, TNI Turun Tangan Genjot Vaksinasi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:38 WIB
Oleh : Vento Saudale / EHD

Bogor, Beritasatu.com - Pemerintah pusat telah mengeluarkan Kabupaten Bogor dari wilayah aglomerasi Jabodetabek, sebab Kabupaten Bogor dianggap menjadi penghambat daerah lain untuk turun level dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bahkan ratusan anggota TNI AL pun diterjunkan untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam menyelesaikan target vaksinasinya yang mencapai 4,2 juta jiwa atau 8.451.580 dosis hingga akhir Desember.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menilai apa yang dilakukan pemerintah pusat bukanlah suatu solusi yang baik. Seharusnya, kata dia, berbagai pihak membantu Kabupaten Bogor agar kebijakan diturunkannya PPKM dari tiga ke dua juga bisa diterapkan di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Harusnya bantu kami, seperti dari segi pasokan vaksin, tenaga kesehatan dan lainnya. Kalau daerah yang sudah level dua, harusnya diarahkan untuk membantu kami agar vaksinasi bisa digenjot,” kata Iwan, Kamis (21/10/2021).

Kondisi geografis dan sosial masyarakat di Kabupaten Bogor, lanjut Iwan, tidak bisa disamakan dengan daerah perkotaan. Terlebih, dengan luas wilayah terdiri dari 40 kecamatan, butuh tenaga dan waktu ekstra untuk menyamai daerah lain dalam capaian vaksinasi.

Dia mengakui jika tenaga kesehatan di Kabupaten Bogor masih sangat kurang. Maka dia sangat berharap bantuan dari daerah lain untuk melangsungkan vaksinasi agar semakin masif.

“Kami juga mau level dua agar pemulihan ekonomi juga lebih cepat. Jangan juga melihat dari persentase. Jika bicara jumlah penduduk yang sudah divaksinasi, Kabupaten Bogor sudah di atas dua juta jiwa,” kata Iwan.

Sementara, Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, TNI mengerahkan sebanyak 110 tenaga kesehatan dari Puskes TNI.

Hal itu, kata dia, instruksi langsung dari Panglima TNI dan Kapolri, untuk mengingatkan serbuan vaksinasi di Kabupaten Bogor. "Kedatangan mereka untuk menggantikan Nakes dari wisma atlet yang sudah berakhir masa tugasnya.

Mereka ditugaskan pengganti Nakes untuk bertugas di Kabupaten Bogor melaksanakan percepatan vaksinasi," paparnya.

Danrem menambahkan, perlu diketahui bahwa Kabupaten Bogor itu sangat luas sekali, ada titik-titik desa harus menempuh perjalanan 7 jam perjalanan, ada yang 4-5 jam.

Kabupaten Bogor bukan hanya penduduknya yang banyak, tapi daerahnya juga luas. Kita harus mendatangi mereka, dan layani mereka dengan sebaik-baiknya.

"Agar lebih optimal melaksanakan vaksinasi, kita tempatkan mereka terutama 110 Nakes dari Angkatan Laut dan resimen mahasiswa ini masuk ke pelosok-pelosok di seluruh wilayah Kabupaten Bogor," tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PA 212 Ngotot Reuni di Patung Kuda, Polisi Tak Beri Izin

Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan memberikan izin untuk reuni Persaudaraan Alumni 212 yang dikabarkan tetap digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

MEGAPOLITAN | 1 Desember 2021

Pengusaha Sebut Sulit Ubah Lagi Angka Kenaikan UMP DKI

Pengusaha Heber Lolo Simbolon menilai sulit untuk mengubah lagi angka kenaikan upah minimun provinsi (UMP) DKI Jakarta 2022.

MEGAPOLITAN | 1 Desember 2021

Pengusaha: UMP DKI Naik 0,85% Saja Sudah Pahit bagi Kami

Pengusaha merespons surat Gubernur Anies Baswedan kepada Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah soal peninjauan kembali formula penetapan UMP.

MEGAPOLITAN | 1 Desember 2021

PPKM Level 1, Penumpang MRT Jakarta Naik 31,8%

Terjadi kenaikan jumlah penumpang MRT selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 di Jakarta yang dimulai 2 November 2021 lalu.

MEGAPOLITAN | 1 Desember 2021

Pekan Depan, TOD Lebak Bulus Dibangun

PT MRT Jakarta akan segera membangun transit oriented development atau TOD di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 1 Desember 2021

Polisi Ungkap Kronologi Penembakan di Exit Tol Bintaro

Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengungkap kronologi penembakan di pintu keluar atau exit Tol Bintaro Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 30 November 2021

Bertambah, Tersangka Pengeroyokan Kabag Ops Ditlantas

Tersangka pengeroyokan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali bertambah lima orang.

MEGAPOLITAN | 30 November 2021

Kecewa, Keluarga Korban Mutilasi Tak Mau Diwawancara

keluarga korban mutilasi di Kampung Buwek, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, tak mau lagi diwawancara wartawan televisi.

MEGAPOLITAN | 30 November 2021

Bima Arya Imbau ASN Kota Bogor Berangkat Kerja Naik Bus BTS

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Bogor, menggunakan Biskita Transpakuan program BTS saat ke kantor.

MEGAPOLITAN | 30 November 2021

Keluarga Korban Mutilasi Masih Tunggu Kedatangan Jenazah

Keluarga korban mutilasi masih menunggu kedatangan jenazah Ridho Suhendra (28) alias RS dari Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

MEGAPOLITAN | 30 November 2021


TAG POPULER

# Ameer Azzikra


# Omicron


# Bens Leo


# Cristiano Ronaldo


# Infeksi Lever



TERKINI
PA 212 Ngotot Reuni di Patung Kuda, Polisi Tak Beri Izin

PA 212 Ngotot Reuni di Patung Kuda, Polisi Tak Beri Izin

MEGAPOLITAN | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings