Logo BeritaSatu

Rocky Gerung Vs Sentul City, Pengembang Hentikan Aktivitas Buka Lahan di Bojong Koneng

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:54 WIB
Oleh : Vento Saudale / YUD

Bogor, Beritasatu.com - Hampir satu pekan PT Sentul City menghentikan aktivitasnya membuka lahan sekitar kediaman Rocky Gerung di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, status kepemilikan lahan tersebut saat ini masih berada dalam status sengketa antara warga setempat dengan pihak Sentul City.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.comdi lokasi pada Rabu (13/10/2021) pun tidak ada aktivitas masih ada dua alat berat jenis eskavator tidak beroperasi sama sekali.

Pun demikian, masih ada beberapa orang berjaga di dekat alat berat itu. Ketika ditanyai apakah mereka ditugaskan oleh Sentul City untuk membuka areal lahan tersebut, para pekerja kompak memilih untuk bungkam.

Seorang warga yang menolak disebutkan namanya tersebut mengatakan, kegiatan pembukaan lahan menggunakan alat berat tersebut sudah terjadi sejak lama.

"Sudah seminggu ini aktivitasnya berhenti," katanya.

Ia menambahkan, biasanya kegiatan pembukaan lahan sudah dilakukan sejak pukul 08.00 WIB pagi. Pengerjaan pun dilakukan setiap hari baik itu dalam kondisi cerah ataupun hujan.

Sejumlah akses jalan yang dulunya digunakan warga pun nampak terputus dan sudah rata oleh tanah. Kawasan kebun dan hutan yang berada di area ini juga terlihat sudah rata dengan tanah.

"Memang untuk area rumah kampung, belum digusur sih rumahnya. Lebih banyak rumah-rumah model vila seperti rumah pak Rocky dan kafe-kafe," tuturnya.

Pun rumah tinggal warga kampung yang berada di bawah lerengan, tetapi lahan-lahan garapan mereka ada yang terkena gusuran.

"Ada kali sudah dua minggu lebih. Awalnya dari kawasan sebelah kiri dulu baru ke area kanan yang belakang rumahnya Pak Rocky,"

Wilayah Kampung Gunung Batu sendiri memang berada di lerengan bukit. Berada sekitar 1.000 Mdpl dan sejauh mata memandang, tampak di depan lanskap wilayah perkotaan Bogor.

Sentul City mengaku pihaknya merupakan pemilik sah atas lahan yang berada di Desa Bojong Koneng seluas 1.100 hektare.

Klaim tersebut berdasarkan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) untuk tanah di Desa Bojong Koneng dengan nomor 2411 dan 2412 yang diterbitkan Pemkab Bogor pada 1994.

Sentul City saat ini diketahui tengah berencana memanfaatkan lahan yang terletak di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

Warga lainnya, Munawar (42) yang mengaku tinggal sekitar 40 tahun lebih menyebut, pada saat masa kecilnya dulu lahan itu memang sudah digarap kedua orang tuanya untuk menanam sejumlah palawija, singkong atau ubi.

Ia pun mengaku, lahir dan tinggal di Gunug Batu. Namun demikian, ia tidak mengetahui asal-usul lahan yang saat ini digarapnya.

Kata dia, semenjak ada Sentul City pada tahun 90-an, mulai banyak para pendatang dari luar Bogor yang tinggal di Bojong Koneng.

"Saya sendiri gak tau cara membelinya. Yang pasti mereka membangun vila,"tambah Munawar.

Sementara, Head of Corporate Communication PT Sentul City, David Rizar Nugroho menyebut, saat ini Sentul City tengah melakukan pengemangan dengan melakukan penataan.

Langkah ini juga disebutkan sebagai program lanjutan yang sebelumnya telah terlaksana di beberapa desa seperti Desa Citaringgul dan Desa Babakan Madang.

Penataan itupun, kata David, tidak dilakukan secara tiba-tiba tetapi perencananya dimulai tahun lalu. Kata dia pihaknya tengah melakukan penataan dan penguasaan aset-aset yang diklaim telah diambil oleh spekulan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengacara Lukas Enembe Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening dilaporkan oleh Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw.

NEWS | 29 September 2022

Perindo Bidik 20% Kursi DPRD di Kalimantan Timur

Hary Tanoesoedibjo (HT) membidik perolehan 20 persen kursi legislatif atau DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk Perindo.

NEWS | 29 September 2022

Tokoh Adat Papua Imbau Semua Pihak Jaga Situasi Damai

Tokoh adat dari Sentani, Jayapura, Papua, Yanto Eluay mengimbau semua pihak di Tanah Papua untuk menjaga situasi damai.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Minta Kepala Daerah Ajak Masyarakat Berwisata di Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah mengajak masyarakat untuk melakukan wisata di dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Ini Tips Investasi Aman dan Legal di Era Digital

Dibutuhkan pemahaman yang baik dan tepat mengenai ragam investasi secara digital tersebut agar terhindar dari kerugian.

NEWS | 29 September 2022

Skor Efektivitas Pemerintahan Modal Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

Peningkatan skor efektivitas pemerintahan di Indonesia versi Bank Dunia, menjadi modal besar bagi pemerintah menciptakan visi birokrasi kelas dunia.

NEWS | 29 September 2022

Abdillah Toha Nilai Mahfud MD Sosok Bersih dan Tegas

Cendekiawan muslim Abdillah Toha menilai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai sosok yang bersih dan tegas.

NEWS | 29 September 2022

Jokowi Tegaskan Percepat Belanja Produk Dalam Negeri

Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran terkait  mempercepat realisasi komitmen belanja produk dalam negeri.

NEWS | 29 September 2022

Urgensi Negara Islam Berubah, Palestina Berdaulat Sudah Bukan yang Utama

Urgensi negara-negara Islam atau negara dengan banyak penduduk Islam telah berubah, tak lagi mengutamakan Palestina yang berdaulat.

NEWS | 29 September 2022

DPR Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Puan: Komitmen Selamatkan Bumi

DPR telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memenuhi kebutuhan tambahan listrik gedung wakil rakyat.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Inul Pernah Nasihati Rizky Billar Agar Tak Sakiti Lesti Kejora

Inul Pernah Nasihati Rizky Billar Agar Tak Sakiti Lesti Kejora

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings