Logo BeritaSatu

Wagub DKI Optimistis Tidak Ada Penyebaran Covid-19 di Sekolah

Senin, 27 September 2021 | 23:27 WIB
Oleh : Stefani Wijaya/ Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meyakini tidak ada penyebaran Covid-19 di sekolah. Riza meyakini kalau pun ditemukan pelajar yang terpapar Covid-19, bukan berasal dari lingkungan sekolah, melainkan berasal dari luar lingkungan sekolah.

“Jadi kami optimistis yakin tidak ada penyebaran Covid-19 di sekolah-sekolah. Kalau nanti ada temuan anak yang terpapar kami yakin bukan terpapar di sekolah,” kata Riza di Balai Kota DKI, Senin (27/9/2021).

Keyakinan ini disampaikan Riza lantaran proses pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas yang dilaksanakan di 610 sekolah saat ini telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat, baik, disiplin, dan bertanggung jawab. Meski demikian, Riza menghormati pernyataan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menyebut 66 pelajar dari 2.113 pelajar di DKI terpapar Covid-19. Dikatakan Riza, Dinas Kesehatan Pemprov DKI telah berkirim surat ke Kemenkes untuk memastikan data tersebut.

"Mudah-mudahan itu tidak terjadi di klaster sekolah. Kita tahu potensi penularan penyebaran itu bisa di rumah, bisa di perjalanan, pulang ke rumah, dan seterusnya di tempat lain, tempat belajar, tempat bermain, tempat anak-anak mampir dan sebagainya. Namun sejauh ini kami meyakini bahwa proses PTM di sekolah yang kami buka di 610 sekolah semuanya melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, baik, disiplin, dan bertanggung jawab," kata Riza.

Dalam kesempatan ini, Riza mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan PTM terbatas agar tidak menimbulkan klaster baru. Dikatakan, orang tua, keluarga, pihak sekolah, dan unsur masyarakat lainnya memiliki peran penting untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami minta semua kerja sama yang baik, semua pihak mulai dari orang tua, keluarga di rumah, dengan kami yang di sekolah, kemudian di perjalanan dengan semua maskyarakat elemen yang terlibat," katanya.

Diberitakan, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, setelah program tatap muka (PTM) terbatas dilaksanakan pada periode 1-21 September 2021 pihaknya melakukan surveillance Covid-19. Dari 22 sampel sekolah di Jakarta, Kemenkes melakukan pemeriksaan terhadap 2.113 subjek dan ditemukan 66 kasus positif Covid-19. Namun, Menkes menekankan hal tersebut bukan lah klaster lantaran angkanya relatif kecil.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


Sebagian Wilayah Jakarta, Depok dan Bekasi Diguyur Hujan Siang Ini

Selain Jakarta, Bekasi juga akan diguyur hujan ringan sedangkan Depok dan Kota Bogor berpotensi hujan sedang yang disertai petir.

MEGAPOLITAN | 26 Oktober 2021

20 Korban Tabrakan Bus Tranjakarta Masih Dirawat di Rumah Sakit

Sebanyak 20 orang dari 37 orang korban luka dalam tabrakan bus Transjakarta di Cawang, Jakarta Timur masih dirawat di rumah sakit.

MEGAPOLITAN | 26 Oktober 2021

Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Tempat Indekos, Polisi Tangkap 4 Pelaku

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menggerebek indekos yang menjadi kantor operasional pinjol ilegal di Cengkareng, Jakbar. Polisi menangkap empat penagih utang.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021

Tabrakan Antarbus, Ini Peringatan Keras Wagub Riza Patria untuk Transjakarta

Kecelakaan ini menjadi pelajaran penting bagi jajaran Transjakarta untuk lebih berhati-hati agar tabrakan tidak terjadi lagi.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021

Anies Pastikan Review Transjakarta Usai Tabrakan yang Tewaskan 2 Orang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan meninjau atau review Transjakarta usai tabrakan yang menewaskan dua orang dan melukai 37 orang lainnya.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021

Kota Bogor Proyeksikan 4 Pedestrian Lagi di Jalur Protokol hingga 2024

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menata empat jalur protokol dengan pedestrian hingga 2024.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021

Anies Jamin Para Korban Tabrakan Maut Bus Transjakarta Dapat Tanggungan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan para korban tabrakan bus Transjakarta di Cawang akan mendapat tangungan dari Transjakarta.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021

Polisi Selidiki Sampel Nasi Kotak yang Diduga Sebabkan Warga Koja Keracunan

Kepolisian Sektor Koja menyelidiki sampel nasi kotak yang dibagikan oleh kader PSI dan diduga menyebabkan sejumlah warga Koja, Jakarta Utara, keracunan.

MEGAPOLITAN | 25 Oktober 2021


TAG POPULER

# LRT Tabrakan


# Tabrakan Bus Transjakarta


# Fahri Hamzah


# Tes PCR


# Taliban



TERKINI
Manfaatkan PLTS, Medco dan Salim Group Ekspor Listrik ke Singapura

Manfaatkan PLTS, Medco dan Salim Group Ekspor Listrik ke Singapura

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings