Logo BeritaSatu

Pemkab Bekasi Bakal Beri Sanksi Tegas Pembuang Limbah di Kali Cilemahabang

Selasa, 7 September 2021 | 17:18 WIB
Oleh : Mikael Niman / CAR

Bekasi, Beritasatu.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bakal menindak tegas pelaku pembuang limbah industri di aliran Kali Cilemahabang. Sedikitnya, ada empat desa yang terdampak pencemaran, yakni Desa Karangraharja, Desa Waluya dan Desa Karangrahayu di Kecamatan Cikarang Utara dan Desa Sukakarya di Kecamatan Karangbahagia.

Kali Cilemahabang yang merupakan saluran irigasi Perum Jasa Tirta (PJT) II Lemahabang itu, kondisinya sangat memprihatinkan. Warna air sudah hitam pekat, tetapi warga sekitar masih menggunakan sebagai keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci.

“Kami akan berikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan perundang-undangan karena ini merupakan pelanggaran pidana lingkungan,” kata Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Selasa (7/9/2021).

Dani mengakui kondisi Kali Cilemahabang sudah tercemar limbah industri, warna air hitam. “Nanti kita panggil pengusaha yang terbukti membuang limbahnya ke kali,” tegasnya.

Dia mengatakan sudah ada aturan mengenai sanksi terhadap perusahaan yang melakukan pembuangan limbah ke aliran sungai. “Tentu, akan ditindaklanjuti temuan di lapangan kemarin,” tuturnya.

Dia meminta kepada elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap pabrik yang membuang limbah ke aliran sungai.

“Kita akan bentuk satgas gabungan dari para penegak hukum dan masyarakat peduli lingkungan untuk melakukan pengawasan terhadap limbah industri agar tidak dibuang ke kali,” ujarnya.

Masyarakat sekitar aliran Kali Cilemahabang akan dilibatkan untuk melakukan pengawasan terhadap pabrik yang membuang limbah.

Kali Cilemahabang menjadi sumber air utama masyarakat sekitar untuk mencuci dan mandi. Solusi jangka pendek, Pemkab Bekasi mendistribusikan tangki air Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi dibantu PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

“Selanjutnya, kita bangun pipanisasi pedesaan dan kita perluas cakupan layanan PDAM hingga menjangkau ke perkampungan,” imbuhnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Timnas Basket


# SEA Games


# Ganjar Pranowo


# Kapal Drone


# Jokowi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 23 Mei 2022

Data Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 23 Mei 2022

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings