Logo BeritaSatu

PPKM, PB HMI Ajak Masyarakat Saling Tolong-menolong

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 16:36 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) diperpanjang sepekan oleh pemerintah dari yang sebelumnya hingga 2 Agustus 2021 menjadi 9 Agustus 2021.

Kekhawatiran terhadap perpanjangan PPKM ini dinilai bisa berdampak signifikan terhadap pendapatan harian untuk masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah. Seperti pekerja harian khususnya kaum duafa yang masih harus keluar rumah meski di tengah situasi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi.

Hal inilah yang mendorong Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Ali Zakiyuddin beserta para pengurusnya turun ke jalan bersama ISYEF dan BSI Muda dalam agenda kolaborasi berbagi nasi kotak murah untuk kaum duafa.

"Perpanjangan masa PPKM ini sangat mempengaruhi daya beli masyarakat yang semakin menurun setiap harinya bahkan untuk kebutuhan makan setiap harinya masyarakat juga kesusahan," ujar Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Ali Zakiyuddin melaui keterangan tertulis, Sabtu (7/8/2021).

Sementara itu, Ketua Bidang Infokom Firman Kurniawan mengungkapkan di tengah situasi sulit seperti ini sudah semestinya sebagai anak kandung negeri saling bahu-membahu membantu sesama.

"Pandemi ini tidak hanya mengharuskan kita untuk meningkatkan imun, tapi juga iman, bahwa berbagi rezeki itu adalah perintah agama. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat kecil hari benar-benar terpukul sehingga membutuhkan uluran tangan," kata Firman.

Gerakan kolaborasi bersama ISYEF dan BSI Muda ini juga ditargetkan dapat membantu UMKM dalam hal ini warung kuliner kaki lima, sebab nasi kotak yang di jual dengan harga Rp. 2.000 itu dipesan di UMKM warung kuliner kaki lima.

Sehingga gerakan ini tidak hanya membantu kaum duafa tapi juga berupaya meningkatkan perputaran ekonomi di masyarakat dalam hal ini masyarakat pelaku UMKM Warung kuliner kaki lima.

Selanjutnya hasil penjualan nasi kotak itu kemudian diserahkan ke teman-teman ISYEF untuk disalurkan ke masjid-masjid yang memenuhi kriteria untuk menerima sumbangan.

Ali Zakiyuddin berharap gerakan kolaborasi ini memiliki umur yang panjang karena tugas seberat apapun akan mudah terselesaikan selama semua pihak solid bekerja sama.

Ia mengajak semua pihak tanpa terkecuali baik pemerintah maupun per-orangan yang hidupnya berkecukupan untuk sama-sama turun tangan membantu masyarakat kecil yang saat ini benar-benar membutuhkan uluran tangan.

"Spirit gerakan kolaborasi ini adalah dari masyarakat kecil (warung kuliner kaki lima) untuk masyarakat kecil," kata Ali Zakiyuddin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

Hari Kebangkitan Nasional Beri Semangat Baru bagi KBPP Polri

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings