Logo BeritaSatu

Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Jokowi Panggil Anies

Selasa, 15 Juni 2021 | 14:37 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / AO

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa prihatin melihat kasus Covid-19 di DKI Jakarta terus melonjak. Untuk itu, Presiden Jokowi memanggil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta ke Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Seusai pertemuan yang berlangsung tertutup tersebut, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, Forkopimda DKI, yang terdiri atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI, Pangdam Jaya Mayjen Mulyo Aji, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, beserta jajaran wali kota dan bupati, serta Kapolres di enam wilayah DKI semua hadir memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

“Hari ini, kami dipanggil, diarahkan oleh Presiden bahwa peningkatan Covid-19 di Jakarta itu sangat signifikan,” kata Prasetio Edi Marsudi seusai mengikuti engarahan Presiden Jokowi kepada Forkopimda se-Provinsi DKI Jakarta di Istana Negara.

Dalam pengarahan tersebut, lanjut Prasetio, Presiden meminta Pemprov DKI untuk melakukan langkah-langkah menekan angka kasus positif Covid-19, apalagi saat sudah masuk varian virus corona baru dari India.

“Beliau meminta kepada pemda, khususnya DKI Jakarta, karena sudah masuk varian virus dari India. Jadi Presiden meminta kami sebagai perangkat pemerintah daerah untuk menekan (kasus Covid-19), dengan cara-cara seperti vaksin,” ujar Prasetio Edi Marsudi.

Jokowi juga mengimbau Pemprov DKI untuk semakin meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat Jakarta, terutama dalam pemakaian masker yang masih cukup rendah, yaitu hanya 78%. Padahal pemerintah menargetkan persentase penggunaan masker mencapai 98%.

“Di sini juga Presiden mengimbau, sekarang masalahnya bukan di perkantoran atau apa, karena obatnya cuma masker. Antara masker, pakai masker semua sudah 78% dan targetnya harus 95%,” terang Prasetio Edi Marsudi.

Arahan lainnya, Presiden meminta vaksinasi di kawasan pemukiman padat penduduk harus segera dilaksanakan, sehingga dapat mencapai kekebalan komunal di Ibu Kota. Jokowi juga meminta target yang diberikan kepada DKI Jakarta, yaitu akhir Agustus 2021 sudah tercipta kekebalan komunal dapat direalisasikan Forkopimda DKI.

Bahkan, kata Prasetyo, Jokowi memberi target vaksinasi sebesar 85% di DKI Jakarta.

"Presiden meminta kepada masyarakat Jakarta, seperti daerah-daerah yang padat itu, harus cepat divaksin dan targetnya 85%. Jadi, kami diarahkan beliau seperti ini terus. Harus vaksinasi di Jakarta cepat. Itu seperti di pelabuhan, daerah padat itu harus divaksinasi,” jelas Prasetio Edi Marsudi.

Untuk itu, Jokowi meminta jajaran Forkopimda turun ke lapangan untuk melakukan penanganan dan pengendalian Covid-19 serta pengawasan terhadap implementasi protokol kesehatan di lapangan dan percepatan vaksinasi.

"Presiden mengarahkan kepada kami untuk ada tindakan lapangan. Jadi, kalau saya melihat, gubernur, kami, Pangdam, Kapolda, itu harus banyak di lapangan. Jadi penekanan-penekanan itu yang harus dikerjakan pemda,” ujar Prasetio Edi Marsudi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ngeri, Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di Ragunan Hanya Tersisa 5 Kamar

Graha Wisata Ragunan menjadi salah satu lokasi isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang positif namun tanpa gejala, dengan daya tampung mencapai 210 pasien.

KESEHATAN | 15 Juni 2021

Antrean Pasien Covid-19 hingga Dini Hari, Wisma Atlet Sementara Tak Terima Pasien

Karena enggak muat tempatnya lesehan, kalau hari biasa, landai, kursinya cukup. Tetapi ini karena over. Biar masyarakat tahu, tidak enak antre itu.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Beli dari Medsos, Polisi Akan Telusuri Jaringan Pemasok Narkoba Anji

Modus jual beli narkotika melalui online sendiri memang lebih rumit diungkap ketimbang modus jual beli narkotika biasa.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Anji Konsumsi Ganja Sejak September 2020

Polisi menyebut Anji ketergantungan pada narkotika jenis ganja itu sejak September 2020.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Pemkot Bekasi Lanjutkan Layanan Vaksinasi Massal di Stadion Patriot Bekasi

Pemkot Bekasi menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi, 41 rumah sakit swasta dan rumah sakit daerah, serta puskesmas untuk membantu vaksinasi.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Video Deja Vu Antrean Ambulans Masuk Wisma Atlet

Bahkan, akibat banyaknya jumlah pasien Covid-19 yang harus dibawa ke RSDC Wisma Atlet, Pemprov DKI terpaksa menggunakan angkutan sekolah.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Graha Wisata TMII Kembali Layani Pasien Covid-19

Seluruh fasilitas dan sarana pendukung bagi pasien Covid-19 yang akan menjalani isolasi mandiri di Graha Wisata TMII sudah siap.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Menag Apresiasi Pemkot Yasmin dalam Penyelesaian GKI Yasmin

Menag berharap ke depan jemaat GKI Yasmin bisa beribadah dengan tenang.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

Kasus Covid-19 Mengkhawatirkan, Kapasitas Rumah Sakit Rujukan di Jakarta Tersisa 25 Persen

Peningkatan signifikan BOR tempat tidur di RS rujukan Covid-19 terjadi hanya dalam kurun waktu 2 minggu terakhir.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021

PPDB Jalur Afirmasi di Kota Tangerang Berakhir Hari Ini

Untuk jalur afirmasi bagi ABK, Dinas Pendidikan Kota Tangerang menunjuk 53 SDN dan 13 SMPN di 13 kecamatan.

MEGAPOLITAN | 15 Juni 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS