Logo BeritaSatu

Pekerja Mengeluh, KRL Tanah Abang - Rangkasbitung Hanya Sampai Stasiun Tigaraksa

Jumat, 7 Mei 2021 | 18:16 WIB
Oleh : Chairul Fikri / DAS

Rangkasbitung, Beritasatu.com - Penghentian pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline rute Tanah Abang- Rangkasbitung selama pelarangan mudik 6-17 Mei 2021 dikeluhkan warga yang bekerja di Jakarta.

Kereta rute tersebut hanya akan melayani sampai Stasiun Tigaraksa dan tidak melayani penumpang dengan rute Stasiun Cikoya, Maja, Citeras, dan Rangkasbitung.

Penumpang yang biasa menggunakan fasilitas rute tersebut mengeluh. Pasalnya, bus gratis yang disediakan menuju stasiun Tigaraksa tidak sesuai ekspektasi. Waktu tempuhnya lebih lama dari biasanya dan hanya melayani penumpang bus dari stasiun Rangkasbitung saja.

"Yang pasti ini menyusahkan kami. Di masa peniadaan mudik, ternyata kereta hanya sampai ke Tigaraksa, itu jauh dari Maja. Makanya kami bingung mau kerja ke arah Jakarta, ini mau kerja saja sulit," keluh Iqbal, seorang warga Kecamatan Maja kepada Beritasatu.com, Jumat (6/5/2021).

Karyawan swasta di sebuah perusahaan di kawasan Sudirman, Jakarta ini mengaku belum lama menikah."Sebagai pasangan baru kan gak bisa beli rumah di kota kayak di Tangerang karena mahal dan gak sesuai budget kami, akhirnya kita memilih rumah di Maja yang masuk wilayah Kabupaten Lebak karena ada akses KRL Rangkasbitung," katanya.

Iqbal juga mengaku tidak mengetahui adanya bus yang disediakan pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) lantaran bus tersebut hanya dari Stasiun Rangkasbitung saja dan tiak tersedia di tiga stasiun lainnya di lintasan KRL Rangkasbitung.

"Kalau dari stasiun Maja tidak ada, hanya dari stasiun Rangkas aja itu bus. Mau tidak mau satu-satunya akses ya naik kendaraan pribadi. Kalau naik ojek bisa Rp 50 ribuan sampai Tigaraksa, kan tidak masuk harganya. Karena biasanya (menggunakan kereta) dari Maja ke Tanah Abang cuma Rp 6.000 saja. Berapa yang harus kita tanggung untuk bisa sekali bolak-balik. Pastinya gak sesuai gaji lah," lanjutnya.

Iqbal dan istrinya berharap PT KCI mengakomodasi kepentingan warga seperti dirinya.

"Seharusnya ada kebijakan dari PT KCI untuk tetap melayani penumpang ingin bekerja di lintasan Rangkasbitung - Tanah Abang. Ada kebijakan khusus misal pakai surat dari kantor para pekerja yang memberitahukan mereka ingin bekerja dan tidak untuk mudik. Karena kalau kita dipecat kan gak mungkin Pemerintah mau tahu. Makanya bikinlah kebijakan yang memberikan solusi," tandasnya.

Perjalanan KRL Commuterline Rangkasbitung kini dihilangkan selama pelarangan mudik, dan hanya melayani sampai stasiun Tigaraksa.

Pemerintah Kabupaten Lebak dan PT KCI memberikan akses bus gratis untuk membantu masyarakat agar bisa ke Stasiun Tigaraksa meski dengan jumlah terbatas dan waktu yang tak menentu.

Secara umum, pada periode 6-17 Mei, layanan operasional perjalanan KRL Jabodetabek bergeser dari normalnya pukul 04.00- 22.00 menjadi 04.00-20.00.

Jumlah perjalanan juga disesuaikan dari sebelumnya 984 perjalanan KRL per hari menjadi 886 perjalanan KRL setiap harinya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Jajaran Pemprov DKI Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Anies Baswedan

Jajaran Pemprov DKI Jakarta mengucapkan selamat ulang tahun ke-51 kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

7 Hari Jelang Lebaran, Arus Lalu-Lintas di Tol Turun 37,6%

84.083 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek melalui jalan tol arah Timur, arah Barat dan arah Selatan, pada H-7 jelang Idulfitri 1442 H, Kamis (6/5/2021).

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Pemprov DKI Tegaskan Mudik Lokal Jabodetabek Dilarang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan bahwa mudik lokal dalam kawasan aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi juga dilarang.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Pemprov DKI Terima 515 Permohonan SIKM, 65 yang Disetujui

Sebanyak 137 permohonan SIKM, kata Syafrin telah ditolak Pemprov DKI Jakarta karena persyaratan kurang lengkap.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Polisi Tindak Ambulans Angkut Pemudik di Bekasi

Beragam cara digunakan warga untuk pulang kampung kendati pemerintah telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Usai Dibangun Drainase, Kawasan Pakansari Jadi Langganan Banjir

Hujan deras yang mengguyur di wilayah Kabupaten Bogor pada Kamis 6 Mei 2021, mengakibatkan banjir dan merendam puluhan rumah di kawasan Pakansari, Cibinong.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Petugas PJR Beri Sanksi Tilang Sopir Truk Angkut Penumpang

Truk-truk ini biasanya melintas di Tol Jakarta-Cikampek dengan modus penutupan terpal di bagian bak terbuka.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Pengunjung Tempat Wisata dan Mal Diprediksi Melonjak, Pemprov DKI Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

Pasalnya, dua area tersebut diprediksi bakal menjadi sasaran warga DKI berkumpul pada masa libur Lebaran setelah dilarang melakukan mudik tahun ini.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Jika Ingin ke Jakarta, Warga Bodetabek Harus Bawa Surat Tugas atau SIKM

Siapapun yang ingin keluar masuk Jakarta dari Bodetabek, wajib membawa surat tugas atau SIKM.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021

Ditlantas Terus Evaluasi Penyekatan Jalur Mudik di Tol Jakarta-Cikampek

Posko penyekatan jalur mudik di Tol Jakarta-Cikampek berada di KM 31 Cikarang Barat arah Cikampek dan KM 47 Karawang Barat arah Cikampek.

MEGAPOLITAN | 7 Mei 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS