Ditemukan di Karawang, Dinkes Kota Bogor Diminta Mendeteksi Covid-19 Varian Inggris
Logo BeritaSatu

Ditemukan di Karawang, Dinkes Kota Bogor Diminta Mendeteksi Covid-19 Varian Inggris

Kamis, 4 Maret 2021 | 19:25 WIB
Oleh : Vento Saudale / LES

Bogor, Beritasatu.com – Wali Kota Bogor Bima Arya meminta jajaran dinas kesehatan agar terus melakukan deteksi dan memonitor terkait mutasi Covid-19 varian Inggris atau B117 yang ditemukan di Karawang, Jawa Barat.

“Saya minta untuk dinkes tetap untuk mendalami terkait varian virus ini dan melaporkan segera gejala-gejala yang lebih spesifik agar kita bisa sosialisasikan. Upaya mekanisme deteksi dan mengawasi lebih baik,” kata Bima, Kamis (4//3/2021).

Hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor belum mendapatkan informasi detail terkait virus yang diumumkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah ditemukan di Karawang.

“Kita belum mendapatkan tren detail terkait virus ini yang sudah ada ditemukan di karawang. Tapi intinya ini terkait prokes, kewaspadaan,” papar Bima.

Berkaca pada penanganan Covid-19, ada catatan solidaritas pemerintah sukses menekan angka penyebaran Covid-19. Kata dia, penanganan serempak turun dari hulu hingga hilir. Dari wali kota, kapolres, dandim dan jajaran betul-betul ke bawah untuk memantau dan mengawasi.

“Sehingga semuanya bergerak melalui RW siaga, posko kelurahan, ada koordinasi dengan dinas, suplai logistik, pembinaan , pengawasan pencegahan semuanya ada disitu. Kalo di situ longgar bubar semua,” tambah Bima.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan mutasi Covid-19 dari Inggris atau B117 sudah ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Hal itu ia sampaikan dalam peninjauan uji klinis tahap III vaksin rekombinan di RSP Unpad, Kota Bandung. Ia pun meminta tim dari Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk meneliti tentang varian virus baru tersebut.

"Varian baru virus corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad utk meneliti B117 ini," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Ia meminta Unpad menganalisa agar pemerintah Jawa Barat dapat menentukan langkah antisipatif menghadapi varian baru dari virus corona itu. Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap menjalankan protokol kesehatan dalam tiap aktivitas.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Satu Tahun Covid-19, Kota Bogor Habiskan Rp 500 Miliar Tangani Pandemi

Selama satu tahun mengatasi Covid-19, Kota Bogor telah menghabiskan Rp 500 miliar atau setengah triliun anggaran untuk penanganan pandemi.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Sambangi Kejari Jaksel, Gisel Minta Izin Tunda Hadiri Sidang Penyebar Video

Selain Gisel, pemeran pria dalam video syur itu Michael Yukinobu de Fretes juga menyampaikan permohonan tidak bisa menghadiri sidang.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Kondisi Polisi Korban Penganiayaan Geng Motor Sudah Membaik

Kondisi Aiptu Dwi Handoko sudah membaik pasca-dianiaya geng motor Enjoy MBR 86, di wilayah Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Pemprov DKI Terus Koordinasi dengan Pemerintah Pusat Tangani Varian Baru Covid-19

Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam menangani dan mengantisipasi varian baru Covid-19.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Polisi Terus Memburu Anggota Geng Motor Pembuat Onar di Menteng

Dari pengakuan, kelompok ini pernah melakukan aksi di wilayah Penjaringan, satu minggu sebelum kejadian di wilayah Menteng.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Tangkap 2 Mahasiswa soal Dugaan Pengeroyokan, Polisi Cari 1 Pelaku Lagi

Polda Metro Jaya mengamankan dua mahasiswa asal Papua terkait kasus dugaan pengeroyokan, di depan Gedung DPR/MPR. Satu pelaku lainnya masih dalam pencarian.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Masyarakat yang Kehilangan Kendaraan Bisa Cek di Polres Bogor

Ratusan motor curian yang terparkir di halaman Mako Polres Bogor dikerubungi oleh masyarakat yang merasa kehilangan motornya.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Ringkus 60 Bandit, Polres Bogor Amankan 124 Kendaraan Bermotor

Rata-rata para tersangka mengincar kendaraan motor yang terparkir di pertokoan dan rumah makan.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Ketua Geng Motor Tenggak Miras sebelum Aniaya Polisi di Menteng

Kelompok ini memang ingin mencari lawan untuk mendapatkan pengakuan bahwa mereka dianggap yang paling hebat.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021

Polisi Amankan 2 Mahasiswa Papua Terkait Dugaan Kasus Pengeroyokan

Peristiwa dugaan pengeroyokan itu diduga dilakukan RL, K alias FM dan kawan-kawan, saat aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR sekitar tanggal 20 Januari 2021.

MEGAPOLITAN | 4 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS