RM Cafe Terancam Ditutup Permanen
Logo BeritaSatu

RM Cafe Terancam Ditutup Permanen

Kamis, 25 Februari 2021 | 23:53 WIB
Oleh : Yustinus Paat / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Kapala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan, RM Cafe di Cengkareng, Jakarta Barat, bisa ditutup permanen. Pasalnya, kafe itu telah dua kali melanggar ketentuan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Jakarta.

“Kita bisa beri sanksi yang lebih tegas lagi sesuai dengan aturannya,” ujar Arifin di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Dari dua pelanggaran itu, kata Arifin, Satpol PP telah memberikan sanksi denda dan penutupan sementara. Karena itu, kata dia, pelanggaran yang terjadi sekarang, bakal diberikan sanksi yang lebih berat.

Kali ini, RM Cafe melakukan pelanggaran lagi karena baru menutup kafenya pada pukul 04.00 WIB. Padahal, sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 dan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 172 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro, bahwa kafe, rumah makan dan restoran diizinkan beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Jam Operasional
Menurut Arifin, apa yang terjadi di RM Cafe sudah menunjukkan jam opersional yang melampaui waktu yang ditentukan.

“Kafe, ataupun tempat restoran kan begitu memang dalam masa PPKM, tetap diperbolehkan beroperasi, tetapi ada batasan jam operasional, yakni hingga pukul 21.00 WIB. Kalau kemudian ada pemberitaan yang berkaitan dengan aktivitas sampai melewati jam operasional, tentunya akan kita berikan tindakan terhadap pengelola ataupun pemilik kafe itu sendiri,” tandas dia.

Pasal 28 ayat (2) Pergub DKI No 3 Tahun 2021, menyebutkan sanksi administrasi diberikan secara bertahap kepada pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab rumah makan, kafe, atau restoran yang tidak melaksanakan kewajiban pelindungan kesehatan masyarakat adalah sebagai berikut:

a. jika ditemukan pelanggaran pelindungan kesehatan masyarakat diberikan sanksi berupa teguran tertulis.

b. jika mengulangi pelanggaran pelindungan kesehatan masyarakat setelah diberikan teguran tertulis sebagaimana dimaksud pada huruf a, maka dikenakan denda administratif paling banyak Rp 50.000.000.

c. jika masih mengulangi pelanggaran pelindungan kesehatan masyarakat setelah dikenakan denda administratif sebagaimana dimaksud pada huruf b, maka dikenakan pembubaran kegiatan.

d. jika mengulangi pelanggaran pelindungan kesehatan setelah dikenakan pembubaran kegiatan sebagaimana dimaksud pada huruf c, maka dikenakan penghentian sementara kegiatan.

e. jika mengulangi pelanggaran pelindungan kesehatan setelah dikenakan penghentian sementara kegiatan sebagaimana dimaksud pada huruf d, maka dikenakan pembekuan sementara izin.
f. jika mengulangi pelanggaran pelindungan kesehatan setelah dikenakan pembekuan sementara izin sebagaimana dimaksud pada huruf e, maka dikenakan pencabutan izin.

Sementara pada ayat (3) Pergub tersebut dinyatakan, pembekuan sementara izin dan pencabutan izin sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf e dan huruf f dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP setelah mendapat rekomendasi dari Kepala Satpol PP.

Pada ayat (4) menyatakan pelaksanaan pengenaan sanksi administratif kepada pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab rumah makan, kafe, atau restoran dilakukan oleh Satpol PP.

Diketahui, RM Cafe menjadi heboh karena terjadinya kasus penembakan yang menewaskan tiga orang dan melukai satu orang. Pelaku berinsial CS merupakan oknum anggota polisi berpangkat Brigadir. Sementara, korban meninggal atas nama Martinus Kardo Rizky Sinurat anggota TNI yang merupakan keamanan kafe, Feri Saut Simanjuntak petugas bar, dan Manik sebagai kasir. Korban luka bernama Hutapea yang merupakan manajer kafe.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Dewan Transportasi: Saatnya Kota Bekasi Jadi Metropolitan Besar

Pertumbuhan hunian dan kawasan industri yang dibangun dekat dengan infrastruktur sehingga muncul proyek LRT City Bekasi.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Wagub DKI: Digitalisasi Pembayaran Pajak Sangat Bermanfaat bagi Warga

Untuk itu, penerapan dan penggunaan QRIS ini perlu disosialisasikan agar lebih optimal.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

MRT Jakarta Lakukan Inovasi Mitigasi Bencana Hadapi Cuaca Ekstrem

Terdapat pompa air dan area pintu masuk (entrance) stasiun juga sudah dibuat limpasan air.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Vaksinasi Tenaga Kesehatan di Bekasi Belum Tuntas

Dari 13.291 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin dosis pertama, baru 9.673 yang menerima dosis kedua.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Badan Usaha Dapat Berperan dalam Penerbitan Sertifikat Laik Fungsi

Imam Hartawan mengatakan aturan mengenai SLF secara ekplisit menegaskan bahwa badan usaha dapat berperan serta dalam proses penerbitan SLF.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor Tembus 10.000

Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat mencatat sebanyak 9.268 kasus sembuh, 91 kasus meninggal dunia, dan 696 kasus yang berstatus positif aktif.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Normalisasi Sungai di Jakarta Harus Dilakukan Serentak

Anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan pelebaran sungai sekaligus merelokasi warga bantaran kali yang terdampak sekitar Rp 10 triliun.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Polres Bandara Ringkus Komplotan Pengedar Narkoba Jaringan Malaysia

Berdasarkan informasi, mereka mendapatkan sabu-sabu tersebut dari Malaysia.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Bentrok Massa di Pancoran, Polisi: Tahan Diri Selesaikan dengan Kepala Dingin

Polisi minta massa yang bentrok bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021

Bima Arya Klaim Kota Bogor Berhasil Kurangi Sampah 16% Satu Hari

Hal itu disampaikan Bima Arya dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) virtual tingkat Kota Bogor 2021.

MEGAPOLITAN | 25 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS