Anies Perpanjang Pengetatan PSBB di Jakarta 2 Pekan ke Depan
Logo BeritaSatu

Anies Perpanjang Pengetatan PSBB di Jakarta 2 Pekan ke Depan

Senin, 8 Februari 2021 | 15:37 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang pengetatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta untuk 2 pekan ke depan. Hal ini selaras dengan kebijakan pemerintah pusat tentang penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk daerah Jawa dan Bali mulai besok 9 Februari hingga 22 Februari 2021.

“Jakarta mulai hari ini juga sudah diperpanjang hingga dua pekan ke depan,” ujar dalam diskusi Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) secara virtual, Senin (8/2/2021).

Anies mengatakan, pihaknya sudah memiliki kebijakan yang sudah diterapkan sejak awal pandemi Covid-19, yakni PSBB. Kebijakan ini diteruskan dan menyesuaikan pengaturan-pengaturannya dengan penerapan PPKM Mikro.

“Kami teruskan seperti kebijakan kemarin. Jadi kebijakan yang sama seperti sejak awal. Kami bersyukur kebijakan yang kami lakukan sejak tahun lalu,” tandas dia.

Terkait PPKM Mikro, kata Anies, sebenarnya sudah ada di Jakarta selama pemberlakuan PSBB. Anies mengatakan Pemprov DKI sudah melakukan pembatasan-pembatasan di level kampung di Jakarta.

“Kami sudah punya pembatasan di kampung-kampung. Dan punya gugus tugas tingkat RW yang masih aktif. Akan kami terus aktifkan,” pungkas Anies.

Diketahui, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah menerbitkan Instruksi Mendagri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Instruksi yang terbit pada 5 Februari 2021, akan mulai berlaku pada 9 Februari hingga 22 Februari 2021.

Instruksi ini ditujukan khusus kepada para kepala daerah di Jawa dan Bali untuk menerapkan PPKM mikro sampai dengan tingkat Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW) yang berpotensi menimbulkan penularan Covid-19. Dalam menerapkan PPKM Mikro ini, Mendagri minta para kepala daerah mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT.

Yang menarik adalah penerapan PPKM Mikro ini dilakukan bersamaan dengan PPKM dengan pengaturan lebih longgar dibandingkan PPKM sebelumnya. Misalnya, pembatasan aktivitas di tempat kerja atau perkantoran pada PPKM sebelumnya adalah 75 % work from home (WFH) dan 25% work from office (WFO). Mulai besok, pembatasan aktivitas di tempat kerja atau perkantoran sedikit lebih longgor dengan ketentuan 50 persen WFH dan 50 persen WFO.

Begitu juga dengan kapasitas dan jam operasional restoran yang lebih longgar dengan PPKM yang diterapkan mulai besok, yakni kapasitas bisa mencapai 50 persen di restoran jam operasional hingga Pukul 21.00. Sebelumnya kapasitas di restoran hanya 25% dan jam operasional hingga Pukul 20.00 WIB. Begitu juga dengan mal yang diizinkan beroperasi hingga Pukul 21.00 WIB.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Rawajati Terendam Banjir, TNI Siapkan Tenda Pengungsian

Tenda pengungsian difokuskan untuk ibu dan anak yang masuk dalam kategori rentan.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Tangkap Ridho Rhoma, Polisi Sita 3 Butir Ekstasi

Polisi menyita barang bukti tiga butir ekstasi ketika menangkap penyanyi dangdut Ridho Rhoma alias MR alias RR, di salah satu apartemen di Jalan Sudirman.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Polisi Sebut Ridho Rhoma Terakhir Pakai Narkoba di Bali

Dalam kesaksiannya, Ridho Rhoma mengaku terakhir kali menggunakan narkoba di Bali.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Warga Terdampak Banjir di Rawajati Butuh Nasi Bungkus

Sebagian besar warga sudah tahu dan paham bagaimana menghadapi bencana banjir karena memang wilayah ini sudah langganan banjir.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

250 Keluarga Terdampak Banjir di Rawajati

Baru sekitar 15 keluarga yang mengungsi di posko bencana banjir di sekitar lokasi.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Prita Laura Unggah Tulisan Kenangan Bersama Marthin Saba

Prita mengaku tak akan pernah melupakan kenangan-kenangan indah bersama Marthin Saba semasa hidupnya.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Kota Bogor Tetap Dilakukan

Panitia tetap mempercantik kawasan pecinan Suryakencana dengan memasang ornamen, juga melakukan bersih-bersih di sekitar Wihara Dhanagun.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Sangat Menarik, Ini Terobosan DKI untuk Pulihkan Sektor Properti

Untuk bangunan rumah tinggal akan lebih cepat lagi, yakni 14 hari kerja.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Banjir 2 Meter Rendam Rumah Warga di Rawajati

Sejumlah warga Rawajati sudah mengungsi ke posko pengungsian, tetapi sebagian besar terlihat masih bertahan di lantai dua rumahnya.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021

Anies: Pers Harus Pastikan Pemerintah Jalankan 3T dan Warga Terapkan 3M

Pandemi Covid-19 bukan peristiwa pendek, tetapi kejadian panjang.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS