Wagub DKI Sebut Anies Baswedan Sudah Tanda Tangani Pergub PPKM
Logo BeritaSatu

Wagub DKI Sebut Anies Baswedan Sudah Tanda Tangani Pergub PPKM

Jumat, 8 Januari 2021 | 20:14 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pergub ini merupakan landasan hukum bagi Pemprov DKI untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah pusat terkait PPKM Jawa-Bali.

“Sudah ditandatangani Kamis (8/1/2021) malam oleh Pak Gubernur,” ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (9/1/2021).

Ariza mengatakan detail pengaturan PPKM di Jakarta akan disampaikan secara langsung oleh Gubernur Anies. Yang jelas, kata Ariza, Pemprov DKI sudah menyesuaikan pengaturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi dengan kebijakan PPKM yang diambil Pemerintah Pusat. “Tunggu saja nanti akan disampaikan langsung oleh Pak Gubernur,” tandas dia.

Ariza mengaku penyesuaian tersebut tidak terlalu sulit dilakukan Pemprov DKI Jakarta karena substansi pengaturan pembatasan kegiatan dalam PSBB transisi dan PPKM hampir sama dan tidak jauh berbeda. Yang berbeda, kata dia, hanya soal periode PSBB transisi yang berlangsung dari 3 hingga 17 Januari 2021, sementara PPKM berlangsung dari 11 hingga 25 Januari.

Perbedaan lain, tutur Ariza, pengaturan kapasitas warga yang beraktivitas di perkantoran atau tempat usaha. Dalam PSBB transisi, kapasitas warga yang diperbolehkan beraktivitas di perkantoran atau work from office (WFO) sebanyak 50 persen.

Sementara, dalam PPKM hanya diizinkan 25 persen WFO. Begitu juga layanan dine in atau makan di tempat di restoran atau tempat makan, dikurangi dari 50 persen di PSBB transisi menjadi 25 persen sebagaimana pengaturan di PPKM.

"Kami menyambut dengan baik kebijakan Pemerintah Pusat dengan mengadakan pengetatan mulai 11-25 Januari 2021 dan keseragaman kebijakan antara Jakarta dan luar Jakarta bahkan se-Jawa samapai Bali. Itu yang memang kami harapkan. Kami memang ingin ada keseragaman bahkan periodesasinya disamakan supaya PSBB tidak berbeda-beda,” pungkas dia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Pemkot Depok Siapkan Sarana dan Prasarana Vaksinasi Covid-19

Seluruh tenaga kesehatan di Kota Depok telah dilakukan pendataan oleh Dinas Kesehatan.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

RSUI Berikan Harga Khusus Swab Test PCR Covid-19

RSUI memberikan harga khusus sebesar Rp 600.000 untuk pemeriksaan swab test PCR Covid-19 bagi masyarakat umum.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Kapolda Metro Perintahkan Polres Bangun Kampung Tangguh di Zona Merah

Polres jajaran diminta membangun Kampung Tangguh Jaya untuk menekan penularan virus Covid-19, di 55 wilayah zona merah, di Ibu Kota Jakarta.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Buruh Bangunan Temukan Bayi di Tepi Jalan Gandaria Selatan

Bayi laki-laki terbungkus plastik polybag ditemukan seorang buruh bangunan, di tepi Jalan Kramat Batu I, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Positif Covid-19, 14 Tahanan KPK Dirawat di Wisma Atlet

14 tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi yang mendekam di Rumah Tahanan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, terkonfirmasi positif Covid-19.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Gisel Jalani Pemeriksaan, Kuasa Hukum: Klien Kami Kooperatif

Sebelumnya, jagat maya digegerkan dengan beredarnya video syur berdurasi 19 detik yang pemeran perempuannya disebut mirip dengan Gisel.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Dinkes Tangerang Gelar Simulasi Jelang Pelaksanaan Vaksin Covid-19

Hingga saat ini Dinkes telah memulai proses sosialisasi terkait adanya vaksinasi Covid-19 melalui berbagai media sosial milik Kota Tangerang dan Dinkes.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Gisel Hadir di Polda Metro Jalani Pemeriksaan Tersangka Video Syur

Gisel yang mengenakan pakaian warna putih, datang ditemani tim kuasa hukumnya ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Pemprov DKI Kumpulkan Rp 5,7 M dari Sanksi Denda Pelanggaran PSBB

Sanksi bersifat progresif atau sanksi berlaku kelipatan jika dilakukan berulang.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021

Tindaklanjuti PPKM, Pemprov DKI Susun Pergub

Namun, dengan adanya PPKM, tutur dia, pihaknya akan menyesuaikan waktu pelaksanaan PSBB transisi sehingga ada periode pembatasan kegiatan yang sama.

MEGAPOLITAN | 8 Januari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS