Antisipasi Klaster Libur Akhir Tahun, Anies Terbitkan Ingub dan Sergub Perkuat PSBB Transisi
Logo BeritaSatu

Antisipasi Klaster Libur Akhir Tahun, Anies Terbitkan Ingub dan Sergub Perkuat PSBB Transisi

Kamis, 17 Desember 2020 | 08:41 WIB
Oleh : Yustinus Paat / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan telah menerbitkan Intruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian dan Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 pada Masa Libur Hari Raya Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021.

Ingub dan Sergub ini diterbitkan dalam rangka mengendalikan mobilitas serta kegiatan masyarakat, sekaligus langkah antisipasi munculnya klaster liburan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal serta Tahun Baru 2021.

Menurut Anies, Ingub dan Sergub ini merupakan langkah antisipasi ekstra dari Pemprov DKI menghadapi musim liburan yang berpotensi terjadinya paparan virus Covid-19. Anies menegaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi tetap berlaku dan diperkuat dengan adanya Ingub dan Sergub tersebut.

“Bahwa perangkat hukum kita berupa Pergub (yang mengatur PSBB) tidak perlu ada perubahan, yang dilakukan tambahan adalah Seruan Gubernur, Instruksi Gubernur, dan SK Kepala Dinas yang relevan karena secara garis besar kita berhadapan dengan musim liburan sesungguhnya memasuki akhir tahun ini,” terang Gubernur Anies dalam rapat koordinasi dengan berbagai SKPD, pada Rabu (16/12/2020).

Anies menambahkan meskipun dalam Ingub dan Sergub mengatur terkait kegiatan usaha, seperti contohnya pada poin 1b dan 1c Sergub 17 tahun 2020, namun semangat yang ingin diimplikasikan adalah pengendalian kegiatan yang sifatnya sosial dan keluarga. Pasalnya, Jakarta sendiri sempat mengalami lonjakan kasus positif Covid-19 pada klaster keluarga akibat libur panjang pada periode Oktober dan November lalu.

“Concern kita masa liburan kegiatan bersama dalam lingkar kegiatan non usaha, karena itu seruan kita akan siapkan. Bahwa yang kita atur pengetatannya potensi di luar rumah itu tinggi yaitu pada tanggal 24 sampai 27 Desember, 31 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Periode yang harusnya masyarakat ada di rumah,” jelasnya.

Selain itu, kata Anies, dalam Ingub dan Sergub tersebut juga mengatur berbagai aspek mulai dari kegiatan usaha, kegiatan keagamaan, hingga mobilitas penduduk keluar masuk ke Jakarta. Seperti misalnya pada poin 15a No 2 Ingub 64 tahun 2020, yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebutkan pengecekan surat keterangan hasil rapid test antigen terhadap pelaku perjalanan.

“Diharapkan melalui Ingub dan Sergub ini, hal yang tidak kita inginkan (lonjakan kasus) tidak terjadi. Kami mengimbau agar mayarakat tetap memprioritaskan berada di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali untuk kegiatan yang mendasar atau mendesak, sehingga insya Allah ikhtiar kita bersama ini akan membawa kita ke fase selanjutnya yakni masyarakat yang aman sehat dan produktif,” pungkas Anies.

Anies terbitkan Intruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian dan Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Masa Natal dan dan Tahun Baru 2021.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Ditjen Hubdat Kembali Tindak Tegas Truk Kelebihan Muatan

Ditjen Hubdat melalui Balai Pengelola Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten meminta truk ODOL untuk melakukan transfer muatan.

MEGAPOLITAN | 17 Desember 2020

FKTP di Jakarta Utara Diimbau Gunakan Aplikasi Mobile JKN Faskes

Di era adaptasi kebiasaan baru dalam masa PSBB peserta JKN KIS diimbau untuk melakukan konsultasi kesehatan secara online dan menghindari kontak langsung.

MEGAPOLITAN | 17 Desember 2020

Baznas (BAZIS) DKI Gelar Festival Cover Lagu Islami Diikuti Ribuan Musisi Jalanan

Festival ini dapat meningkatkan kualitas musik para musisi dan memberikan pesan-pesan kebaikan kepada masyarakat melalui lirik-lirik yang Islami.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Harga Telur Merangkak Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok di Kota Depok sudah terjadi namun tidak signifikan.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Siapkan Konsep Bertahap Belajar Tatap Muka

Disdik Kabupaten Tangerang berencana proses pembelajaran tatap muka untuk tahap awal hanya diikuti 30% siswa.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Mutilasi Dilakukan Pelaku untuk Ringankan Beban Tubuh Korban

Dalam pengakuannya, pelaku memutilasi agar bobot tubuh korban lebih ringan.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Ketua DPRD DKI Batal Laporkan Pembuat Soal Ujian Anies-Mega ke Polisi

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengurungkan niatnya untuk melaporkan Sukirno, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) kepada Polda Metro Jaya.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Guru Pembuat Soal Mega-Anies Sampaikan Permohonan Maaf Secara Terbuka

Permohonan maaf ini disampaikan melalui surat pernyataan yang ditandatangani oleh yang bersangkutan di atas meterai dan video permohonan maaf.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Mulai Jumat, Keluar Masuk Jakarta Harus Bawa Rapid Test Antigen

Kebijakan membawa hasil rapid test antigen berlaku bagi penumpang pesawat terbang, kapal laut dan bus.

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020

Sebut Polisi Dajal, Ibu Rumah Tangga di Bogor Ditangkap

RW, ibu rumah tangga di Bogor ditangkap karena melakukan ujaran kebencian dan penghinaan dengan menyebut polisi sebagai dajjal terkait penangkapan Rizieq Syihab

MEGAPOLITAN | 16 Desember 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS