Pemprov DKI Raih 2 Penghargaan Jaringan Geospasial
Logo BeritaSatu

Pemprov DKI Raih 2 Penghargaan Jaringan Geospasial

Sabtu, 28 November 2020 | 12:35 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengantarkan Provinsi DKI Jakarta meraih dua penghargaan dalam Bhumandala Award Tahun 2020 yaitu Bhumandala Kanaka Simpul Terbaik dan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik kategori provinsi. Kedua penghargaan ini terkait informasi jaringan geospasial yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) RI.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/11/2020) malam. Usai menerima penghargaan itu, Anies menyampaikan terima kasih kepada BIG RI yang telah memberikan stimulan untuk melakukan terobosan-terobosan dalam membangun informasi jaringan geospasial.

"Kami menempatkan penghargaan Bhumandala ini bukan semata-mata sebagai sebuah penghargaan untuk kita kejar saja, tetapi untuk kesempatan kita saling belajar dan prosesnya memberikan manfaat bagi kita," kata Anies.

Anies menjelaskan, DKI Jakarta sebagai sebuah provinsi memiliki ukuran yang tidak besar sekitar 662 km², namun penduduknya cukup padat dengan 10,3 juta penduduk yaitu 15.000 orang per km². Dengan kepadatan penduduk tersebut, Gubernur Anies menyebut terdapat kompleksitas masalah informasi tata ruang yang butuh diintegrasikan dengan baik.

Karena itu, sejak 17 Januari 2018, Anies menegaskan pentingnya program integrasi data Pemprov DKI Jakarta, bernama Jakarta Satu yang memiliki prinsip 'Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan'. Melalui integrasi data berbasis peta itulah, Anies menyebut, seluruh pengambilan keputusan hingga kebijakan harus berbasis data yang terintegrasi.

"Apa salah satu tantangan utama yang kita hadapi? Yang kita hadapi adalah ada rasa kepemilikan atas data yang luar biasa pada setiap pengelola. Setiap SKPD itu tiap unit merasa memiliki data, sehingga mengintegrasikan itu salah satu tantangan terbesar. Karena itu, pada waktu itu pesannya satu: bekerja dalam satu barisan, atau keluar dari barisan. Sederhana sekali. Kalau mau dalam satu barisan, ini penjurunya. Alhamdulillah, kemudian kita semua kerja bersama," terang Anies.

Anies menuturkan, di balik Bhumandala Award 2020 untuk Pemprov DKI, terdapat ratusan orang yang bekerja di belakang layar dan mewujudkan integrasi data di DKI Jakarta. Anies menyebut, tim yang bekerja dalam integrasi data biasanya bekerja dalam sunyi dan jarang terlihat, namun dampak dan kebermanfaatannya terasa dalam setiap kebijakan.

"Sekarang, Alhamdulillah dalam urusan perizinan termasuk dalam urusan kesehatan, bisa dilihat di corona.jakarta.go.id. Di situ ada peta sebaran kasus. Itu semua terjadi karena kita memiliki integrasi data lewat program Jakarta Satu. Jadi, kami merasa sangat bersyukur bahwa ini semua bisa berjalan lewat kolaborasi," ungkap dia.

"Kemudian, ini kebetulan wilayah Gambir ini salah satu wilayah percobaan. Setiap rumah nanti akan kelihatan, kalau di peta kelihatan hijau berarti sudah bayar PBB, kalau warnanya belum hijau berarti PBB-nya belum lunas. Nanti diberi warna juga kalau Pajak Kendaraan Bermotor-nya belum dibayar, jumlah PKB-nya berapa. Itu semua dalam proses pengintegrasian," tambah dia.

Anies berharap, integrasi data ke depan akan semakin berkembang lebih jauh di DKI Jakarta. Menurut Anies, Bhumandala Award sejatinya penghargaan atas ikhtiar yang selama ini Pemprov DKI Jakarta kerjakan untuk memastikan informasi data terintegrasi dengan baik dan berbasis peta.

"Kami berterima kasih sekali. Tanpa dukungan bimbingan dari Bapak/Ibu sekalian di Badan Informasi Geospasial, ini semua tidak mungkin kita bisa kerjakan. Kami berharap ke depan, insya Allah bisa mengembangkan ini lebih jauh lagi. Apa yang kita kerjakan bagian dari ikhtiar untuk memastikan bahwa di Ibu Kota, informasi data terintegrasi dengan baik dan basisnya adalah peta Jakarta. Peta inilah yang kemudian menjadi rujukan bagi kita semua. Terima kasih atas penghargaannya, saya akan teruskan kepada semua tim yang bekerja. Dan semoga ke depan bukan hanya di wilayah-wilayah pemenang ini, tetapi insyaallah seluruh Indonesia akan memiliki data yang baik," tutup Anies.

Perlu diketahui, Bhumandala diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti ‘planetary system’ dan menggambarkan bumi sebagai bagian dari sistem tata surya. Bhumandala Award ini merupakan penghargaan terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

Adapun penilaian kinerja simpul jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan lima elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG), yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standard, dan Sumber Daya Manusia.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

KPU Tangsel Rampung Sortir Surat Suara Pilkada

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah merampungkan penyortiran surat suara untuk Pilkada pada 9 Desember 2020.

MEGAPOLITAN | 28 November 2020

Anies Bantah Halangi Akses Warga ke APBD

Terkait pembuatan akun menggunakan identitas NIK dan KK untuk akses APBD DKI, kata Anies, merupakan bentuk tanggung jawab warga.

MEGAPOLITAN | 28 November 2020

Kontak Erat dengan Orang Positif, Bima Arya Sebut Rizieq ODP

Berdasarkan laporan, sudah banyak orang yang ditengarai kontak erat dengan Rizieq dinyatakan positif Covid-19.

MEGAPOLITAN | 28 November 2020

23 Rumah Terbakar di Menteng Atas

Dilaporkan terdapat satu orang warga mengalami luka ringan, sedangkan kerugian materi akibat kejadian itu masih dihitung.

MEGAPOLITAN | 28 November 2020

Pemprov DKI Hormati Langkah Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Kerumunan

Pemprov DKI, kata Ariza, tidak akan mencampuri kewenangan polisi dalam menangani kasus kerumunan tersebut.

MEGAPOLITAN | 28 November 2020

APBD DKI 2021 Diprioritaskan untuk Tangani Covid-19 dan Banjir

Prioritas utama dari APBD 2021 adalah penanganan Covid-19 dan banjir di ibu kota.

MEGAPOLITAN | 27 November 2020

Bank DKI Ajak Warga Rusun Pondok Bambu Kembangkan Usaha Hidroponik

Sebelumnya, Bank DKI telah melaksanakan program hidroponik di Rusunawa Jatinegara Kaum.

MEGAPOLITAN | 27 November 2020

Bima Arya Tegur Keras RS UMMI karena Tidak Kooperatif Terkait Rizieq

Wali Kota Bogor Bima Arya menegur RS UMMI yang merawat dan menjadi lokasi swab test Rizieq Syihab.

MEGAPOLITAN | 27 November 2020

Sistem Registrasi pada Situs APBD DKI Jakarta Dipertanyakan

Fraksi PSI mempertanyakan perubahan sistem yang mewajibkan registrasi NIK dan nomor KK sebelum mengakses situs APBD DKI Jakarta.

MEGAPOLITAN | 27 November 2020

Pemkot Bogor Akan Verifikasi Swab Test Rizieq Syihab

Bila ditemukan ada kekeliruan atau lembaga yang digunakan tidak terverifikasi, Pemkot Bogor akan melakukan swab test ulang.

MEGAPOLITAN | 27 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS