Pemkot Tangerang Gandeng TNI-Polri Gelorakan Gerakan Ketahanan Pangan

Pemkot Tangerang Gandeng TNI-Polri Gelorakan Gerakan Ketahanan Pangan
Para Alumni Taruna TNI-Polri Angkatan 89 itu melakukan kegiatan sosial berupa penyerahan 2.000 paket bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19, penebaran benih nila dan patin di keramba, penebaran benih lele di kolam, dan penanaman palawija dalam upaya memperkuat Kampung Tangguh Nusantara. (Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri)
Chairul Fikri / CAH Minggu, 2 Agustus 2020 | 17:26 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama beberapa bulan ini membuat masyarakat di daerah mulai merasakan dampaknya. Hal tersebut membuat Pemerintah Kota Tangerang kini terus berupaya memperkuat ketahanan pangan di masyarakat dengan menggandeng TNI-Polri dengan aktif memanfaatkan lahan "tidur" sebagai lahan pertanian.

Seperti yang dilakukan oleh Alumni Taruna TNI-Polri angkatan 89 dengan memanfaatkan lahan di pinggir Kali Cisadane seluas 11 hektare. Kegiatan dikelola bersama rekan-rekan aktivis lingkungan Banksasuci (komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane).

Dalam area tersebut, kini dibagi menjadi 3 zona area yakni untuk dimanfaatkan untuk budidaya pertanian dan perikanan yang dikelola oleh masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari beberapa perusahaan yang ada di kawasan Jatiuwung, Tangerang.

"Apa yang kita lakukan ini sebagai upaya bersama TNI-Polri bersama masyarakat dan juga Pemkot Tangerang untuk memperkuat pertahanan pangan di masyarakat yang terdampak akibat wabah Covid-19. Kami dari TNI-Polri memeberikan bantuan bibit pertanian dan perikanan, penyerahan bantuan alat pertanian kepada masyarakat dan memberikan pembimbingan melalui Koramil dan Polsek diwilayah dibantu Pemkot Tangerang. Ini dilakukan agar bisa membantu perekonomian di masyarakat dan memperkuat ketahanan pangan di wilayah," ungkap Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabarahrkam) Polri, Komjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H mewakili alumni Taruna tahun 89 saat berkunjung di Banksasuci, Cibodas Kota Tangerang, Sabtu (1/8/2020).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku senang kegiatan tersebut. 

"Yang pasti Pemerintah Kota Tangerang sangat mendukung sinergitas yang dilakukan TNI-Polri dalam memperkuat ketahanan pangan masyarakat di wilayah Kota Tangerang. Mudah-mudahan  ini bisa membantu perekonomian masyarakat akibat covid-19. Kita juga berharap kegiatan ini mampu meringankan beban masyarakat dengan pemberian bibit-bibit pangan sehingga bisa menjadi lauk-pauk, yang kemudian bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kehidpan sehari-hari," tutur Arief.

Dalam acara yang dihadiri Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Adrianto, Ketua Altar 89 Mayjen TNI Rudianto, Danrem 052/Wkr Brigjen TNI Tri Budi Utomo, Dandim 0506/Tgr Kolonel Inf. Bambang Hery Tugiyono, dan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol. Sugeng Hariyanto.

Para Alumni Taruna TNI - Polri Angkatan 89 itu melakukan kegiatan sosial berupa penyerahan 2.000 paket bantuan sosial untuk warga terdampak Covid-19, penebaran benih nila dan patin di keramba, penebaran benih lele di kolam, dan penanaman palawija dalam upaya memperkuat Kampung Tangguh Nusantara.



Sumber: BeritaSatu.com