Pemkot Bogor Minta Perusahaan Transportasi Online Percepat Produksi Sekat
Logo BeritaSatu

Pemkot Bogor Minta Perusahaan Transportasi Online Percepat Produksi Sekat

Selasa, 28 Juli 2020 | 12:15 WIB
Oleh : Vento Saudale / FMB

Bogor, Beritasatu.com – Pemerintah Kota Bogor meminta agar manajemen transportasi berbasis aplikasi mempercepat produksi dan distribusi sekat antara pengemudi dengan penumpang.

"Tidak perlu bagus-bagus, cukup buat yang sederhana. Sekat ini bisa menjadi salah satu wujud nyata upaya mencegah penyebaran virus," Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Selasa (28/7/2020).

Inovasi sekat yang digunakan pengemudi sebagai pemisah dengan penumpang kata Dedie, harus dipahami semata-mata untuk urusan kedaruratan kesehatan dan berlakunya tidak hanya di Kota Bogor tapi juga daerah lain.

Dedie juga menegaskan Perwali Nomor 37 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerapan Sanksi Pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Covid-19 di Kota Bogor, yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bermaksud bukan untuk menghalangi warga dalam berusaha atau berkegiatan.

Menurutnya, sekat atau inovasi yang dijalankan merupakan bentuk nyata sebagai upaya bersama dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Pada intinya, aturan yang ada berlaku untuk umum. Namun diakuinya memang kurang nyaman, tetapi ini untuk urusan kedaruratan kesehatan.

"Jangan sampai pemerintah berusaha mencegah penyebaran virus, tapi masyarakat malah memproduksi atau menyebarkan virus," jelas Dedie.

Dedie menambahkan, sekat secara tidak langsung mempresentasikan physical distancing yang menjadi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang tujuannya bukan untuk segelintir pihak, tapi untuk masyarakat secara umum.

"Jangan sampai akibat kecerobohan yang dilakukan segelintir orang atau pihak membuat upaya yang dilakukan pemerintah menjadi kurang maksimal. Jangan sampai juga, zona Kota Bogor yang ada saat ini berubah menjadi zona merah, karena jika berubah semua pihak akan merasakan dampak negatifnya," tuturnya.

Sementara itu, Head Regional Corporate Affairs Gojek, Arum Prasodjo menyebutkan, Gojek sudah menambah penyebaran sekat yang menjadi pemisah antara mitra driver Gojek dengan penumpang.

"Walaupun masih dalam tahap uji coba tetap kami perluas penyebarannya secara bertahap juga dan jumlahnya sudah ribuan. Kami berikan tanpa dikenakan biaya tambahan, baik bagi mitra driver maupun penumpang," jelas Arum.

Pada dasarnya sekat yang saat ini masih terus diproduksi dan distribusinya dilakukan secara nasional. Namun untuk tahap awal dilakukan di 8 kota utama, dimana Kota Bogor termasuk salah satunya, lebih khusus lagi Jabodetabek yang tingkat penyebaran dan jumlah drivernya cukup tinggi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Petugas Samsat Polda Metro Terpapar Covid-19 Telah Dinyatakan Negatif

Sebanyak 20 petugas Samsat Polda Metro Jaya, yang sempat tertular Covid-19 telah dinyatakan negatif. Saat ini, mereka masih menjalani isolasi mandiri

MEGAPOLITAN | 28 Juli 2020

Disnaker DKI Dorong Kantor-kantor Tes Covid-19 Karyawannya

Pimpinan perusahaan membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19 internal perusahaan yang terdiri dari pimpinan, bagian kepegawaian, bagian K3, dan petugas kesehatan.

MEGAPOLITAN | 28 Juli 2020

Produksi Kompos, Upaya TPST Bantargebang Pertahankan Lahan

Ribuan ton kompos ini ditampung di bagian produksi, sebelum dipasarkan ke sentral-sentral toko pertanian.

MEGAPOLITAN | 28 Juli 2020

DKI Pinjam Uang Berbunga Rp 7 T, Anggota DPRD Minta Anies Tak Gegabah

Menurut Jupiter, pinjaman uang sebesar Rp 12,5 triliun berkonsekuensi pada bunga yang tidak kecil yakni Rp 7 triliun. Sehingga akan membebani keuangan DKI.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

ASN Positif Covid-19, Lima Pelayanan di Kecamatan Matraman Ditutup

Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, menghentikan untuk sementara waktu lima kantor pelayanan publik akibat seorang ASN terkonfirmasi positif Covid-19.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

Tahapan Konstruksi Jakarta International Stadium Capai 24,6%

Pembangunan proyek JIS masih terus berjalan walau dengan keterbatasan.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

Jumlah Kabupaten/Kota Zona Merah Covid-19 Meningkat Jadi 10,31 %

Wiku Adisasmito mengatakan dalam satu pekan jumlah kabupaten/kotamadya yang berada di zona risiko tinggi Covid-19 atau zona merah dan oranye meningkat.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

Polisi Sebut Banyak Darah di Baju Yodi Prabowo

Polda Metro Jaya menegaskan banyak bekas darah pada pakaian Yodi Prabowo menanggapi pernyataan pihak keluarga yang menyatakan baju almarhum bersih.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

Kabupaten Bekasi Punya Sentral Oleh-oleh Pasarkan Produk UMKM

Gerai Bunda Sugih dijadikan sentral pemasaran produk usaha kecil se-Kabupaten Bekasi seperti batik Bekasi, makan ringan, minuman, serta kerajinan tangan.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020

Tangsel Sudah Izinkan Pernikahan dan Kompetisi Olahraga

Pemkot Tangerang Selatan telah memerbolehkan penyelenggaraan pesta pernikahan dan olahraga kompetisi di wilayah tersebut.

MEGAPOLITAN | 27 Juli 2020


TAG POPULER

# Pembelajaran Tatap Muka


# Anggaran Covid-19


# Edhy Prabowo


# Ayu Dyah Andari


# Anggota Brimob Tewas



TERKINI

Lapor ke Presiden, Kadin: 17.387 Perusahaan Daftar Vaksinasi Gotong Royong

KESEHATAN | 7 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS