Wagub DKI: Tetap Semangat Walau Belajar Jarak Jauh

Wagub DKI: Tetap Semangat Walau Belajar Jarak Jauh
SD Rawa Badak Utaran 01 Pagi, Jakarta Utara, belum memulai belajar secara tatap muka, Senin (13/7/2020). (Foto: Suara Pembaruan / Carlos Roy Barus)
Yustinus Paat / BW Senin, 13 Juli 2020 | 13:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap, masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan ta'aruf siswa madrasah (matsama) yang dimulai Senin (13/7/2020) bisa menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik dan pendidik di tengah pandemik Covid-19.

Wagub meminta kepada tiap peserta didik untuk tetap semangat walau harus belajar dari jarak jauh.

Menurut Ariza, MPLS dan matsama dapat memotivasi dan membangun komunikasi dalam membangun kolaborasi yang tangguh dengan mencapai pendidikan yang tuntas dan berkualitas untuk semua.

Hal ini disampaikan Ariza dalam sambutannya secara daring dari rumah dinasnya di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/7/2020) kepada perwakilan peserta didik, pendidik, dan orang tua peserta didik.

“Serta dapat menumbuhkan semangat baru bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang berkualitas dalam masa PSBB transisi, serta terbangunnya kolaborasi antara satuan pendidikan dengan orangtua peserta didik,” kata Ariza.

Ariza juga meminta seluruh jajaran yang terlibat pada kegiatan MPLS dan matsama untuk senantiasa berpegang teguh pada prinsip dan tujuan, serta disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Pasalnya, pandemi Covid-19 belum berakhir dan kasus Covid-19 makin bertambah dari waktu ke waktu.

"Kita prihatin Indonesia kini menempati urutan ke-26 kasus Covid-19 di dunia dan Jakarta masih masih menempati urutan kedua kasus virus corona ini,” tandas dia.

Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, Ariza berpesan kepada setiap peserta didik untuk tetap semangat sebagai generasi penerus masa depan bangsa. “Di tangan anak-anakku semua, harapan bangsa ini ke depan. Mudah-mudahan, kalian tetap dapat mengikuti berbagai kegiatan rangkaian sekolah sekalipun masih dilakukan secara jarak jauh. Namun, pastikan anak-anakku tercinta dapat ilmu pengetahuan yang baik, pembelajaran yang baik,” ujar Ariza.

Sesuai kalender pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun pelajaran 2020/2021 telah dimulai Senin 13 Juli 2020.

Sementara, dalam Surat Keputusan Kepala Pendidikan DKI Nomor 467 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Kesiapan Dimulainya Kegiatan Belajar dan Mengajar, disebutkan aktivitas belajar dan mengajar pada tahun pelajaran 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19 dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sejak 16 Maret 2020.

Untuk waktu pelaksanaan MPLS dan matsama tahun pelajaran baru 2020/2021 diadakan selama tiga hari, yaitu pada 13, 14, dan 15 Juli 2020. Waktu pelaksanaan disesuaikan menurut jenjang pendidikannya. Informasi lengkap pelaksanaan MPLS dan matsama dapat diakses pada portal Siap Belajar Jakarta (siapbelajar.jakarta.go.id).



Sumber: BeritaSatu.com