Ini Alasan Anies Baswedan Beri Izin Reklamasi Ancol Seluas 155 Hektare

Ini Alasan Anies Baswedan Beri Izin Reklamasi Ancol Seluas 155 Hektare
Anies Baswedan. (Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao)
Yustinus Paat / JAS Sabtu, 11 Juli 2020 | 18:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan alasan dirinya memberikan izin reklamasi atau perluasan kawasan rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) dan Kawasan Rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas 155 hektare. Padahal, tanah timbul yang ada di Ancol Timur baru 20 hektare.

"Mungkin jadi pertanyaan. Bila yang dibutuhkan itu hanya memang lahan 20 hektar, kenapa pemberian izinnya seluas 155 hektare? Jadi begini, pengerukan ini akan jalan terus. Pengerukan sungai dan waduk, bahkan ke depan penggalian terowongan MRT, tanahnya pun akan ditimbun di tempat ini," ujar Anies Baswedan dalam Youtube yang diunggah Pemprov DKI, Sabtu (11/7/2020).

Anies mengatakan, izin reklamasi 155 ha bukan tanpa kajian. Dia mengaku pihaknya sudah melakukan kajian dan dari hasil kajian serta studi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), luas lahan yang dibutuhkan untuk menampung tanah dan lumpur dari pengerukan sungai dan waduk serta penggalian terowongan MRT sebesar 155 ha.

"Karena itulah ada kajiannya, dan dari hasil kajian Amdal, lokasi yang dibutuhkan adalah sebesar 155 ha, 120 ha di sisi timur, 35 ha di sisi barat yang juga disediakan kawasan yang nanti akan bersebelahan dengan stasiun MRT di Ancol," ungkap dia.

Anies juga memastikan bahwa lahan reklamasi Ancol seluas 155 ha tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Jakarta. Termasuk, kata dia, melindungi warga DKI Jakarta dari bahaya banjir.

"Dan kegiatan ini, perluasan ini bukan dipakai untuk kepentingan eksklusif, sekadar komersial, tapi justru manfaat dari lumpur hasil pengerukan itu menjadi lahan yang dipakai sebanyak-banyaknya untuk manfaat masyarakat di Jakarta," pungkas Anies.

Sebelumnya, Anies telah menerbitkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 237 Tahun 2020 Tentang Izin Pelaksanaan Perluasan Kawasan Rekreasi Dufan seluas ± 35 Ha dan Kawasan Rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas ± 120 ha. 



Sumber: BeritaSatu.com