Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh di Kabupaten Tangerang

Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh di Kabupaten Tangerang
Kapolri Jendral Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri peluncuran Kampung Tangguh yang digelar di Mauk, Kabupaten Tangerang. (Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri)
Chairul Fikri / Yeremia Sukoyo / CAH Kamis, 9 Juli 2020 | 18:36 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Kapolri Jendral Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri peluncuran Kampung Tangguh yang digelar di Mauk, Kabupaten Tangerang. Dimana sebanyak 7.024 lebih program Kampung Tangguh telah diresmikan secara serentak di seluruh Indonesia.

Kampung Tangguh itu merupakan program dari Polri dengan bantuan TNI untuk menjaga kesediaan pangan akibat pandemi covid-19. Program yang dibuat yakni memanfaatkan lahan kantor TNI-Polri untuk menaman tumbuhan cepat panen. Seperti singkong, ubi pisang dan lain sebagainya. Hal itu diungkapkan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto yang ditemani Kapolri, Jenderal Idham Azis saat mengunjungi wisata Aquaculture Mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020),

"Jadi kita luncurkan Kampung Tangguh dan penanaman bibit ikan termasuk bibit jagung. Peresmian ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia melalui tayangan virtual. Dimana Kampung Tangguh ini juga memanfaatkan lahan-lahan masyarakat yang belum digarap salah satunya contoh yang saat ini kita saksikan, dan ini adalah satu contoh yang semuanya sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia. Program ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk ikut serta dalam menjaga ketahanan pangan saat pandemi covid-19," ungkap Panglima TNI.

Hadi menambahkan Kampung Tangguh dibangun dengan tujuan agar mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya disiplin melaksanakan protokol kesehatan terutama saat pandemi Covid-19.

"Menunjang kegiatan tersebut, pembangunan infrastruktur desa seperti pos kesehatan warga, rumah karantina, lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan hingga pelatihan penanganan covid-19 jika ada warga yang terjangkit penyakit tersebut," lanjutnya.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri, Idham Azis juga menegaskan bahwa Kampung Tangguh yang dibentuk ini diharapkan akan bisa bermanfaat bagi banyak warga.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu dan meningkatkan perekonomian serta mendukung ketahanan pangan nasional. Inilah bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat untuk mewujudkan lembaga kepolisian profesional, modern, dan terpercaya," tandas Kapolri.



Sumber: BeritaSatu.com