Logo BeritaSatu

Wagub DKI Harap BUMD Transformasi Model Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 8 Juli 2020 | 19:16 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengharapkan BUMD milik Pemprov DKI dapat melakukan transformasi model bsnis BUMD agar tetap eksis, berdaya saing, dan berkesinambungan di tengah pandemi global Covid-19. Karena itu, menurut Riza Patria program transformasi BUMD yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh BUMD di Jakarta sangat penting.

Hal ini disampaikan Ariza saat secara resmi membuka Workshop Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), di Hotel Novotel Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020). Kegiatan Bisnis Forum ini diinisiasi oleh BUMD Academy DKI Jakarta yang diketuai oleh Arief Nasrudin, yang juga merupakan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya.

"Idealnya BUMD itu harus bisa bertahan dengan swasta. Apalagi di masa pandemi ini. Jadi kita memang harus tangguh dalam berbagai hal. Alhamdulillah berbagai kebijakan yang diambil Pak Anies, kita bisa bertahan menghadapi Pandemi Covid-19," ujar Riza Patria dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemprov Libatkan Bank DKI Pulihkan Ekonomi Warga

Riza Patria mengaku mencegah dan menangani Covid-19 merupakan tantangan tersendiri bagi Pemprov DKI. Namun, kata dia, tantangan yang tidak kalah penting adalah langkah-langkah mengembalikan pertumbuhan atau kegiatan ekonomi.

"Dan ini sangat bergantung pada peran kita semua, khususnya dari BUMD," tandas dia.

Melalui Transformasi BUMD, diharapkan seluruh BUMD DKI Jakarta semakin profesional menjalankan fungsinya sehingga mampu bersaing dan siap menghadapi dinamika bisnis, termasuk di saat Pandemi Covid-19.

"Kami harap para BUMD mulai melakukan identifikasi/pencatatan (aset) dan sebagainya. Supaya kita bisa memanfaatkan aset-aset kita ini degan baik. Kita lihat ke depan, mari perluas pasar, mencari mitra investor yang strategis, bangun bisnis berskala nasional bahkan regional, ciptakan lapangan kerja bernilai tinggi. Bangun ketahanan pangan, berdayakan UMKM agar kita bisa ikut maju. Berkolaborasi dengan investor dan institusi global untuk membuat agar UMKM naik kelas," imbuh dia.

Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Inflasi Tetap Terjaga di Tengah Pandemi Covid-19

Riza Patria juga mengapresiasi dan menyambut positif atas sinergi para stakeholder yang berkolaborasi bersama TGUPP, Badan Pengelola (BP) BUMD dan BUMD Academy DKI Jakarta untuk menggelar Business Forum dalam rangka Transformasi Model Bisnis BUMD agar terus eksis dan berkesinambungan. Diharapkan juga melalui Forum Bisnis tersebut, BP BUMD dapat melakukan monitoring dan evaluasi kerjasama antar BUMD serta menerapkan Implementasi sinergi BUMD dalam Key Perfomance Indicator (KPI).

"Jalin sinergi antar BUMD, saling melengkapi, bekerjasama dalam menjalankan core bisnis perusahaan. Konsolidasi antar perusahaan BUMD dan siap menghadapi pasar dalam situasi sesulit apapun. Semoga kita semua bisa bisa bersinergi, supaya kita bisa survive dan tampil. Saya yakin dan optimis, Bapak/Ibu bisa menjalankan tugas sebagai pimpinan direksi BUMD dengan baik dan memberikan nilai tambah bagi Pemprov DKI, warga jakarta dan dunia usaha," pungkas Ariza.

Turut hadir dalam Workshop KPBU tersebut, Kepala Badan Pengelola/Pembinaan BUMD Provinsi DKI Jakarta, Faisal Safrudin; Ketua BUMD Academy DKI Jakarta, Arief Nasrudin; Para Pimpinan BUMD, Para Narasumber dan Peserta Workshop KPBU-BUMD Academy DKI Jakarta; serta Ketua TGUPP, Amin Subekti.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Nasdem Capreskan Anies, Airlangga Sebut Golkar Fokus KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto angkat bicara soal langkah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024

NEWS | 5 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Mulai Terjun ke Malang

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) mulai terjun ke lapangan dalam rangka mengusut tragedi Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Pesparani Katolik II Siap Digelar di Kupang

Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II siap digelar di Kupang pada 28 - 31 Oktober 2022 mendatang

NEWS | 5 Oktober 2022

Segera Disidang, Pengacara Harap Bharada E Bisa Bebas

Pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ronny Talapessy mengungkapkan harapannya menjelang persidangan yaitu bisa bebas

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi: MK Pilar Utama Penegakan Keadilan Konstitusional

Jokowi mengatakan, Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan pilar utama dalam menegakkan constitutional justice (keadilan konstitusional)

NEWS | 5 Oktober 2022

Deputi Pencegahan KPK Diadukan ke Dewas, soal Apa?

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan diadukan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesal Penggugat Tak Hadir, Artis Jessica Iskandar Ngamuk di PN Jaksel

Artis Jessica Iskandar tak bisa membendung kekesalannya kepada penggugatnya, Christopher Steffanus Budianto atau Stefan karena tak hadir di PN Jaksel

NEWS | 5 Oktober 2022

63,8 Juta Orang di Indonesia Terima Vaksinasi Dosis Ketiga

Sebanyak 63.823.506 orang Indonesia dari kelompok masyarakat umum sudah menerima vaksinasi dosis ketiga per hari ini.

NEWS | 5 Oktober 2022

Koperasi MMSI Ajak Anggotanya Wujudkan Transformasi Digital 4.0

Koperasi Maju Makmur Sejahtera Indonesia (MMSI) mengajak anggotanya untuk wujudkan transformasi digital 4.0.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jumat, Polisi Panggil Baim Wong dan Paula Verhoeven

Polisi telah mengagendakan pemanggilan terhadap pasangan selebritas Baim Wong dan Paula Verhoeven terkait kasus prank polisi

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

TerateCash Wadahi Jutaan Pesilat PSHT dalam Aplikasi

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings