Masa Berlaku SIM Tak Lagi Berdasarkan Tanggal Lahir

Masa Berlaku SIM Tak Lagi Berdasarkan Tanggal Lahir
Ilustrasi pembuatan surat izin mengemudi. (Foto: Antara)
Bayu Marhaenjati / FER Selasa, 7 Juli 2020 | 19:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Korps Lalu Lintas Polri telah mengubah ketentuan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak lagi berdasarkan tanggal lahir pemohon, melainkan tanggal pencetakan.

Baca Juga: Tenaga Medis di Wisma Atlet Gratis Urus SIM

"Untuk masa berlaku SIM saat ini bukan lagi berdasar tanggal lahir, akan tetapi berdasarkan tanggal pencetakan SIM," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo, Selasa (7/7/2020).

Dikatakan Sambodo, ketentuan masa berlaku SIM berdasarkan tanggal pencetakan itu, telah berlaku sejak tanggal 7 Oktober 2019.

"Ini berdasarkan ketentuan yang tertera di Perkap 9 Tahun 2012 yang menyebutkan bahwa masa berlaku SIM adalah 5 tahun (terhitung sejak SIM tersebut dicetak), hal ini juga turut dipertegas pada surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1./2019," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Jangan Panik Urus Perpanjangan SIM

Pemohon yang mengajukan penerbitan SIM pada tanggal 7 Juli 2020, maka masa berlaku SIM-nya akan habis tanggal 7 Juli 2025 mendatang. Sekadar untuk diketahui, saat ini Polri telah menerbitkan Smart SIM yang memiliki chip dan dapat mencatat identitas pemilik, pelanggaran yang pernah dilakukan serta dapat berfungsi sebagai uang elektronik.



Sumber: BeritaSatu.com