Anggota DPRD Berharap DKI Gratiskan Juga Uang Sekolah Swasta

Anggota DPRD Berharap DKI Gratiskan Juga Uang Sekolah Swasta
Orang tua mencoba seragam sekolah baru untuk anaknya di sebuah pasar di Jakarta, Rabu, 17 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Hotman Siregar / FMB Senin, 6 Juli 2020 | 10:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta harus menjadikan dampak pandemi virus Covid- 19 sebagai momentum untuk memberi subsidi siswa dari keluarga tidak mampu dengan menggratiskan uang masuk ke sekolah swasta. Sangat tidak adil, jika pemprov memberi subsidi sekolah negeri sementara sekolah swasta ditelantarkan.

Padahal, justru di sekolah swasta tingkat SMA/SMK mayoritas lebih banyak menerima siswa dari keluarga ekonomi lemah. Oleh sebab itu Disdik DKI jangan keasyikan mengurusi sekolah negeri, sementara sekolah swasta saat ini masih di anak tirikan.

"Pemberian KJP saja sudah tidak lagi memadai saat ini, karena juga memberatkan orangtua siswa adalah uang pangkal dan sebagainya. Apalagi ditengah adanya PHK dan merosotnya secara drastis penghasilan," ujar Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak, Senin (6/7/2020).

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, jangankan membayar uang pangkal yang jumlahnya jutaan rupiah, sedangkan makan sehari hari saja sudah menunggu uluran tangan pemerintah berupa baksos. Oleh sebab itu, langkah gratis di sekolah swasta adalah upaya yang sangat dinanti masyarakat.

"Amanat konstitusi agar negara menjalankan keadilan, juga bisa diimplementasikan dibidang pendidikan. Pemprov DKI Jakarta jangan malu belajar dari daerah lain. Dengan APBD yang sangat kecil dibandingkan DKI Jakarta bisa mempelopori gratis disekolah swasta," tandas Jhonny.



Sumber: BeritaSatu.com