Masjid Istiqlal Belum Dibuka untuk Umum

Masjid Istiqlal Belum Dibuka untuk Umum
Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan DKI Jakarta menyemprotkan disinfektan di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Hotman Siregar / FMB Jumat, 5 Juni 2020 | 13:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekalipun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperbolehkan pelaksanaan ibadah mulai Jumat (5/6/2020), Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menyatakan tidak menggelar ibadah Jumatan hari ini (5/6/2020). Pasalnya, belum ada keputusan dari Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar Pembukaan terkait pembukaan masjid istiqlal untuk umum. Masjid itu juga masih direnovasi.

"Tidak dibuka, belum dibuka," kata Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah ketika dihubungi wartawan, Jumat (5/6/2020).

Menurut Abu, Imam besar belum memberikan intruksi soal pembukaan masjid terbesar di Asia Tenggara itu. Kebijakan pembukaan masjid istiqlal berada di imam besar.

Masjid Istiqlal juga masih sedang direnovasi. Renovasi sendiri saat ini sudah mencapai 90 persen sehingga kemungkinan besar pembukaan masjid istiqlal akan dilaksanakan pada awal Juli 2020.

"Jadi diagendakan bulan Juli nanti, awal Juli sudah diserahterimakan apakah awal Juli dibuka untuk umum itu belum ada keputusannya, kita tunggu imam besar," kata Abu.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI sudah mengizinkan masjid buka lagi untuk kegiatan ibadah rutin menyusul mulai diberlakukannya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) masa transisi yang memberi kelonggaran di sejumlah sektor termasuk tempat ibadah.

 



Sumber: BeritaSatu.com