Masuki Masa Transisi, Jakarta Buka Kegiatan Sosial Ekonomi Secara Bertahap

Masuki Masa Transisi, Jakarta Buka Kegiatan Sosial Ekonomi Secara Bertahap
Kota Jakarta. (Foto: Antara)
Hotman Siregar / CAH Kamis, 4 Juni 2020 | 13:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta memutuskan memperpanjang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga akhir Juni 2020. Namun, di masa transisi sebulan ke depan ini, kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

“Kami di Gugus Tugas Covid DKI kita memutuskan untuk menetapkan status PSBB di DKI Jakarta diperpanjang dan menetapkan Juni ini sebagai masa transisi,” ujar Gubernur DKI Anies Baswedan dalam pemaparannya di Balai Kota DKI Jakarta , Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: Lanjutkan PSBB, Jakarta Masuki Masa Transisi

Anies mengatakan, masa transisi dimulai Jumat (5/6/2020) besok. Namun bila masa transisi ditemukan jumlah penyebaran Covid-19 semakin tinggi masa situasinya akan dikembalikan seperti PSBB tahap awal.

Anies menegaskan, sejumlah kegiatan ekonomi akan dimulai pada Senin 8 Juni 2010. Secara bertahap, kegiatan ekonomi itu harus mematuhi protokol yang ditetapkan pemerintah.

Baca JugaAnies: Kantor Boleh Buka 8 Juni, Mal 15 Juni

“Kegiatan ekonomi akan dibuka secara bertahap dan protokolnya akan disebarluaskan ke masyarakat,” katanya.

Rata-rata kegiatan masyarakat yang akan dibuka secara bertahap itu akan mengikuti protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak 1 meter, pakai masker dan 50 persen jumlah orang di suatu tempat.

“Rumah ibadah sudah bisa dibuka besok Jumat 6 Juni 2020 dengan kapasitas 50 persen dari jumlah biasanya. Semua kegiatan yang akan dibuka mulai besok tetap mengacu pada aturan yang yang ditetapkan Pemprov. Bila melanggar akan dikenakan sanksi,” tegasnya.

 



Sumber: BeritaSatu.com