Akses Keluar Masuk Jabodetabek Akan Segera Ditutup

Akses Keluar Masuk Jabodetabek Akan Segera Ditutup
Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas. (Foto: Antara)
Thresa Sandra Desfika / CAH Minggu, 29 Maret 2020 | 19:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) mengungkap kemungkinan besar rencana penutupan akses dari dan ke Jabodetabek untuk angkutan penumpang umum dan kendaraan pribadi akan segera diterapkan. Ini terkait dengan meluasnya wabah virus corona.

Direktur Angkutan Jalan Kemhub Ahmad Yani menerangkan, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan beberapa stakeholders terkait rencana penutupan akses dari dan ke Jabodetabek.

"Jadi saya sudah sampaikan kepada semua operator (angkutan jalan) melalui Organda (Organisasi Angkutan Darat). Saya sudah telepon bahwa hasil rapat tadi kemungkinan besar persiapan ditutup untuk keluar masuk Jabodetabek," ujar Ahmad Yani di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Dia menambahkan, penutupan akses itu akan berlaku bagi angkutan penumpang umum dan kendaraan pribadi. Akan tetapi, tidak untuk angkutan logistik.

"Pribadi juga termasuk (tidak boleh lewat). Pokoknya angkutan orang. Tetapi angkutan barang tidak. Jadi angkutan logistik tidak (berlaku)," tambah Yani.

Kendati demikian, Yani menuturkan, keputusan atas rencana kebijakan penutupan akses ini akan ditetapkan dalam rapat terbatas yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (30/3/2020). "Besok itu menunggu kalau hasil ratas sudah, ada keputusan Presiden, (maka) ditetapkan," imbuh Ahmad Yani.



Sumber: BeritaSatu.com