Kali Bekasi Meluap, Ini Area di Bekasi yang Terendam Banjir

Kali Bekasi Meluap, Ini Area di Bekasi yang Terendam Banjir
Debit Kali Bekasi meningkat drastis sejak Selasa subuh, permukiman di bantaran Kali Bekasi terendam banjir. (Foto: Beritasatu/Mikael Niman)
Mikael Niman / CAH Selasa, 25 Februari 2020 | 10:55 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Banjir yang merendam wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi sejak Selasa (25/2/2020) subuh menyebabkan debit Kali Bekasi meningkat drastis. Perumahan yang berada di bantaran di Kali Bekasi mulai terdampak banjir. Bahkan, kali-kali kecil juga meluap hingga merendam ke permukiman warga sejak subuh tadi.

Berdasarkan, data dari Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), pagi ini banjir telah merendam beberapa perumahan seperti Perumnas 1, Grand Permata Residence Tambun Utara, Villa Taman Kartini Bekasi Timur, Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) air sudah masuk rumah warga dengan ketinggian 50 cm sedangkan pompa di lokasi tersebut rusak, Perumahan Bumi Satria Kencana Bekasi Barat, Perumahan Dosen IKIP Jatiasih air sudah mencapai 1,5 meter, Teluk Pucung Bekasi Utara air sudah masuk ke rumah warga ketinggian 1 meter.

Baca JugaKetinggian Air Sungai Cileungsi dan Cikeas di Atas Normal, Wilayah Bekasi Banjir

Selanjutnya, banjir juga merendam Perumahan Irigasi Danita RW 14 Bekasi Jaya ketinggian bervariasi hingga 1 meter, Villa Nusa Indah 2 Blok Y dan V, belakang Stadion Patropt Candrabhaga Bekasi Selatan air telah masuk ke rumah wargaa, Perumahan Jakakencana air sudah masuk rumah di Blok E ketinggian 50 cm, Bumi Nasio Indah ketinggian mencapai 50 cm, Perumahan Kemang Pratama Bekasi Selatan di Jalan Express Raya ketinggian mencapai 70 cm akibat pompa tidak berfungsi, Pondok Mitra Lestari (PML) Jatiasih ketinggian 50 cm, Villa Jakasetia Galaxy banjir meremdam jalan raya,

“Akses warga terputus karena banjir dan macet akibat kendaraan yang di parkir di jalan raya. Bahkan sekolah sudah ada yang diliburkan,” ujar Ketua P2C, Puarman, Selasa (25/2/2020).

Pantuan di Jalan Raya Mekarsari, sekitar Perumahan Irigasi Danita serta Jalam M Yamin di sekitar Perumahan Durenjaya Bekasi Timur, terjadi kemacetan panjang akibat kendaraan di parkir di jalan raya. Ketinggian air di lokasi ini sudah mencapai 1 meter.

Banjir besar ini yang kedua kalinya, setelah terjadi banjir besar pada awal tahun baru 2020 ini. Debit Kali Bekasi meningkat drastis karena Bendungan Kali Bekasi (Prisdo) dibuka. 

 



Sumber: BeritaSatu.com