Banjir, Hindari Ruas Jalan di Jakarta Timur Ini

Banjir, Hindari Ruas Jalan di Jakarta Timur Ini
Mobil menerabas melewati genangan air banjir di Jalan Ahmad Yani Bypass, Jakarta Timur, Minggu, 23 Februari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
/ CAH Selasa, 25 Februari 2020 | 08:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin (24/2/2020) malam membuat sebagian besar wilayah ibukota tergenang banjir. Khusus di Jakarta Timur, ada 30 ruas jalan yang terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

"Hingga pukul 05.00 WIB ruas jalan di sepuluh kecamatan Jakarta Timur terendam banjir," kata Kasi Dalops Sudin Perhubungan Jakarta Timur Riky Erwinda di Jakarta.

Dua lintasan jalan di wilayah Kecamatan Matraman dilaporkan tidak bisa dilewati kendaraan, yakni di Jalan Nanas Raya depan SMKN 40 dan Jalan Balai Rakyat dengan ketinggian air berkisar 40 cm.

Baca JugaIni Sejumlah Jalan Tol Jasa Marga yang Tergenang Banjir

Kecamatan Ciracas terdapat dua jalan yang terendam yakni Jalan Raya Ciracas Depan PHB Kali Jodo setinggi 20 cm namun dapat dilalui kendaraan.

Sedangkan Jalan Raya Ciracas depan Taman Silih Asih sepanjang 18 meter tidak bisa dilalui kendaraan sebab terendam air 30-40 cm.

"Jalan Raya Penganten Ali Depan LRT, Ketinggin 50 cm, dapat dilalui kendaraan," katanya.

Jalan Raya Bungur Belakang Terminal Bus Kampung Rambutan, genangan 30 cm dapat dilalui kendaraan.

Di Kecamatan Pasar Rebo banjir merendam ruas jalan di Kelurahan Pekayon sekitar 100 cm dan tidak bisa dilewati kendaraan.

Banjir juga dilaporkan merendam sejumlah ruas jalan di Kecamatan Kramat Jati, di antaranya Jalan Raya Pondok Gede depan UPAS setinggi 1 meter yang tidak bisa di lewati kendaraan.

"Arus lalin dialihkan ke Jalan TB Simatupang Pasar Rebo," ujarnya.

Baca JugaBanjir Paksa PLN Putus Pasokan Listrik di Beberapa Wilayah

Sejumlah ruas jalan di Kecamatan Cipayung yang terendam banjir di antaranya Jalan Raya Hankam arah Polsek Cipayung setinggi 30 cm.

"Masih bisa dilewati kendaraan begitu pula di Jalan Molek Pondok Gede setinggi 40 cm yang Masih bisa dilewati kendaraan," katanya.

Riky mengatakan lima ruas jalan di Kecamatan Jatinegara juga dilaporkan terendam banjir di antaranya di Jalan DI Pandjaitan setinggi 25 cm yang masih bisa dilalui kendaraan.

"Jalan Jatinegara Barat Raya setinggi 50 cm masih bisa dilalui kendaraan, Jalan Pasar Lama 40 cm masih bisa dilalu kendaraan, Jalan Pintu Pasar Barat 15 cm bisa dilalui kendaraan dan di Gang Thai 70 cm tidak bisa dilalui kendaraan," katanya.

Riky menambahkan penyebab banjir yang merendam jalan di Jatinegara terjadi akibat debit Sungai Ciliwung yang mengalami peningkatan.

Ruas jalan di Duren Sawit yang terendam di antaranya Jalan Taman Malaka kedalaman 1 meter, Jl Pendidikan Raya 1 meter, Jalan Kolonel Sugiono sebrang POM bensin setinggi 1 meter, Jalan Buaran Raya (Donkun Donut's-Sekolah St. Agustinus) 15 cm, Jalan Radin Inten (Depan Steam) 15 cm dan Jalan Nusa Indah (sebetis orang dewasa).

Kecamatan Pulogadung meliputi Jalan Pemuda depan Arion (± 30 cm), Jalan Kayu Putih Raya (60 cm), JalanPerintis Kemerdekaan (± 50-60 cm), Jalan Ahmad Yani Waduk ria Rio (± 50-60 cm), Bea Cukai (± 40 cm).

Kecamatan Cakung meliputi Jalan Raya Bekasi depan Lulu hypermart (± 30 cm), Jalan Raya Bekasi Depan Kantor Kecamatan Cakung (± 20 cm). Kecamatan Makasar di antaranya Jalan Pusdiklat Depnaker Depan Masjid Suprapto (± 40 Cm).



Sumber: ANTARA