Sidak, Prasetio Edi Marsudi Temukan Sisa Beton Revitalisasi Trotoar Hambat Drainase

Sidak, Prasetio Edi Marsudi Temukan Sisa Beton Revitalisasi Trotoar Hambat Drainase
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi mendatangi Kantor Kementerian Sekretariat Negara untuk mengadukan dugaan manipulasi surat rekomendasi TACB DKI tentang penyelenggaran Formula E di Monas , Kamis (13/2/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia )
Hotman Siregar / JAS Senin, 24 Februari 2020 | 13:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Merespons banjir yang terjadi, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan menemukan penyebab utama banjir di ibu kota. Dalam sidak Prasetio Edi Marsudi menemukan banyak sisa-sisa beton bekas revitalisasi trotoar di saluran air .

Prasetyo juga menemukan bawah bak kontrol sejumlah saluran air sulit dibuka yang membuat air meluber hingga ke jalan raya.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, pihaknya melihat fakta bahwa bak kontrol saluran air di Jakarta bermasalah. Ia memberi contoh saluran air di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Kepala Dinas Bina Marga mengatakan dari semua trotoar bak kontrolnya bisa dibuka. Tapi kenyataannya sulit dibuka," ujar Prasetio Edi Marsudi, Senin (24/2/2020).

Menurut Prasetio Edi Marsudi , dari hasil sidak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (23/2/2020) kemarin, terlihat jelas ada masalah di sejumlah drainase Jakarta. Dia melakukan sidak karena mendapatkan laporan warga bahwa saluran airnya tersumbat hingga rumahnya terendam banjir.

"Saat tutup bak kontrolnya dibuka ternyata ditemukan bahwa saluran banyak sisa-sisa beton. Ini bukannya jadi baik malah merusak," kata Prasetio Edi Marsudi .

Ia pun mengkhawatirkan bak kontrol yang sulit terbuka di kawasan yang mengalami revitalisasi trotoar menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Jakarta meski hujan bersifat lokal. Prasetio Edi Marsudi berjanji akan menindaklanjuti temuan itu di rapat dewan.



Sumber: BeritaSatu.com