Safari Riza ke Nasdem dan Demokrat Belum Berbuah Dukungan

Safari Riza ke Nasdem dan Demokrat Belum Berbuah Dukungan
Wakil Ketua Komisi II DPR Riza Patria (tengah), anggota Komisi II DPR Firman Soebagyo (kiri) dan Ketua KADIN Batam Jadi Rajagukguk saat menjadi narasumber pada acara diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Erwin C Sihombing / AMA Selasa, 4 Februari 2020 | 19:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kandidat Wagub DKI dari Partai Gerindra, Riza Patria, masih melakukan safari politik dengan mendatangi Fraksi Nasdem dan Demokrat di DPRD DKI pada Selasa (4/1/2020). Hanya saja, berbeda dengan sebelumnya, kedatangannya kali ini tidak berbuah dengan adanya pernyataan dukungan dua fraksi yang dikunjungi tersebut.

Namun Riza tidak mempermasalahkan. "Tugas saya hanya silaturahmi, memperkenalkan, diskusi, berdialog, sisanya saya serahkan ke fraksi-fraksi di DPRD," kata Riza, di ruang Fraksi Demokrat DKI.

Riza mengaku, menerima banyak masukan dari fraksi-fraksi yang telah dikunjungi. Mereka banyak meminta posisi wagub nantinya mampu memperbaiki komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Pihak Demokrat belum bisa memastikan dukungannya karena masih menunggu instruksi dari pimpinan pusat. Di DKI, Demokrat memiliki 10 kursi. Artinya suara Demokrat cukup signifikan.

"Karena (dukungan) Partai Demokrat yang memutuskan akan dari DPP. Jadi kita akan merekomendasikan dua itu ke DPP, jadi DPP yang akan menentukan," terang Ketua Fraksi Demokrat DKI, Desie Christhyana Sari.

Sekalipun begitu, Desie menilai kandidat Wagub DKI baik Riza maupun Nurmansjah Lubis merupakan sosok yang layak karena sama-sama memiliki pengalaman dalam organisasi, pemerintahan, maupun masyarakat.

Sekretaris Fraksi Nasdem DKI, Abdul Aziz, turut memberi pernyataan senada. Pihaknya belum bisa menyebut kandidat mana yang berpeluang untuk dipilih karena harus menunggu keputusan dari pusat.

"Tentunya nanti ada arahan dari DPP untuk DPW ke mana arah suara. Kita bulat. Suara kita bulat," kata Aziz seusai menerima Riza.

Fraksi Golkar yang telah didatangi Riza, Senin (3/1/2020), menyatakan bakal mendukung yang bersangkutan dengan alasan Ketua DPP Gerindra itu pernah tergabung dalam organisasi Golkar.

"Saya berharap Riza bisa melayani warga dan mengembalikan pokok pikir dewan dalam kegiatan anggaran," ujar Ketua Fraksi Golkar DKI, Basri Baco.

Ketua Fraksi PAN DKI, Lukmanul Hakim turut menyampaikan dukungan agar Riza bisa terpilih sebagai wagub. Dia mengaku telah mengenal Riza saat sama-sama mendukung pasangan Anies-Sandi pada Pilgub 2017.

Hanya PAN DKI meminta Riza untuk menyoroti masalah klasik yang belum teratasi di DKI seperti banjir dan macet. Kalau nanti terpilih, PAN turut berharap Riza tidak menjadikan kedudukannya di DKI sebagai lompatan menuju kedudukan yang lebih tinggi.



Sumber: Suara Pembaruan