Uji Kelayakan Cawagub, Ketua DPRD DKI: Penyampaian Visi Misi di Paripurna

Uji Kelayakan Cawagub, Ketua DPRD DKI: Penyampaian Visi Misi di Paripurna
Suasana rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / BW Sabtu, 1 Februari 2020 | 10:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menegaskan, uji kelayakan calon wakil gubernur (cawagub) DKI sangat diperlukan. Hal itu untuk dapat memastikan kedua cawagub tersebut layak atau tidak menjadi pengganti Sandiaga Uno.

“Uji kelayakannya, suruh saja mereka pidato di rapat paripurna. Apa sih visi misi mereka. Sampaikan saja di hadapan seluruh anggota dewan,” kata Prasetio Edi Marsudi, Sabtu (1/2/2020).

Nantinya, rapat paripurna uji kelayakan untuk penyampaian visi misi kedua cawagub ini akan dilakukan terbuka untuk umum. Sehingga, masyarakat bisa menilai siapa yang layak menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Nanti dalam forum rapat paripurna, kita bisa melihat, masyarakat bisa menilai layak atau tidak mereka menjadi wagub DKI. Karena rapat paripurnanya akan kita gelar terbuka, seperti rapat paripurna umumnya yang selama ini kita gelar terbuka,” terang Prasetio Edi Marsudi.

Politisi PDI Perjuangan ini optimsitis, pada akhir Februari 2020, warga Jakarta akan memiliki wagub baru. “Akhir Februari selesai. Ini prosesnya lebih mudah, karena dua partai pengusung sudah sepakat dengan dua calonnya,” ungkap Prastio Edi Marsudi.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI yang baru di ruang Fraksi Gerindra, DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Kedua nama cawagub pengganti Sandiaga Uno tersebut masing-masing dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra. Kedua cawagub tersebut adalah Nurmansjah Lubis yang merupakan mantan anggota DPRD dan kader PKS, lalu Riza Patria yang merupakan politisi dari Gerindra.

Kemudian, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Mohammad Arifin dan Ketua DPD Gerindra DKI Mohamad Taufik bersama-sama menyerahkan surat keputusan bersama tentang dua nama calon wakil gubernur (cawagub) baru kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Selasa (21/1/2020).

Surat usulan dua nama cawagub DKI yang telah ditandatangani Anies dikirimkan ke DPRD DKI, Selasa (21/1/2020) sore.



Sumber: Suara Pembaruan