Jelang Natal dan Tahun Baru, 160.000 Polisi Amankan Arus Lalu Lintas

Jelang Natal dan Tahun Baru, 160.000 Polisi Amankan Arus Lalu Lintas
Sejumlah petugas Polisi Lalu lintas bersama kendaraan patroli mengikuti apel, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Senin 25 November 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Heriyanto / HS Selasa, 10 Desember 2019 | 12:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, Korlantas Polri mengerahkan 160 ribu personel untuk mengamankan arus lalu lintas. Volume kendaraan diperkirakan meningkat tajam bersamaan libur panjang dan Mudik Natal.

Ratusan ribu personel polisi lalu lintas, menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono, akan diterjunkan ke sejumlah lokasi dalam memperlancar arus kendaraan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang merayakan liburan akhir tahun.

Sejumlah lokasi yang rawan kemacatan sudah dipetakan untuk diantisipasi agar arus lalu lintas menjelang Natal.dan Tahun Baru berjalan lancar. "Sebanyak 160 ribu personel di seluruh Indonesia dikerahkan untuk kelancaran arus lalu lintas libur Natal dan Tahun Baru 2020," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Selasa (10/12).

Ratusan ribu personel lalu lintas nantinya diterjunkan di jalan tol, arteri dan titik-titik yang memiliki potensi tinggi mengalami kemacetan saat masa libur tiba. Penempatan personel itu disesuaikan berdasarkan analisis, pengamatan dan hasil evaluasi rawan kecelakaan.

Korlantas Polri bersama PT Jasa Marga, PT LMS, dan BBPJN VI hari ini melakukan peninjauan kesejumlah lokasi untuk mengecek langsung kesiapan pengamanan Natal 2019 serta Tahun Baru 2020.

Sejumlah jalan tol sudah dilakukan pengecekan dan pemantauan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas menjelang mudik Natal. Arus lalu lintas diprediksi akan meningkat tajam menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Disebutkan, kegiatan ini masuk dalam agenda operasi kemanusiaan demi memaksimalkan pelayanan publik dan membuat arus mudik natal menjadi aman serta lancar.

Selain arus mudik Natal, pengawasan dan pengaturan lalu lintas juga dilakukan di sejumlah pusat keramaian. Sebab, masa libur Natal dan tahun baru nanti, sejumlah tempat rekreasi akan didatangi masyarat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.



Sumber: Suara Pembaruan