Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Al Jannah Gelar Festival Pendidikan Islam

Bentuk Karakter Siswa, Sekolah Al Jannah Gelar Festival Pendidikan Islam
Sekolah Islam Alam dan Sains (IAS) Al-Jannah menggelar kegiatan Festival Pendidikan Islam di Sekolah Al Jannah, Harjamukti, Cimanggis, Depok. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 15 November 2019 | 17:08 WIB

Depok, Beritasatu.com - Sekolah Islam Alam dan Sains (IAS) Al-Jannah kembali menggelar kegiatan Festival Pendidikan Islam di Sekolah IAS Al Jannah, Harjamukti, Cimanggis, Depok.

Acara yang mengusung tema Islamic Art and Sport ini, juga dihadiri berbagai siswa dari luar negeri dan sejumlah sekolah di wilayah Jabodetabek.

Pentingnya Pendidikan Pluralisme Sejak Dini

Direktur Pendidikan Sekolah Al Jannah, Adelina Pane, mengatakan, kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini, ditujukan untuk menjalin silaturahmi dan menumbuhkan perilaku Islami di kalangan peserta didik. Sekolah IAS Al-Jannah sendiri berlokasi di Cibubur, persis di belakang Bumi Perkemahan Jambore, Jakarta Timur.

"Dengan Al-Jannah Festival ini diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang jujur, optimistis, dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam nilai-nilai Islam," ujar Adelina Pane kepada Beritasatu.com, Jumat (15/11/2019).

Adelina menambahkan, sedikitnya ada 10 bidang seni yang dilombakan dalam festival untuk tingkat SD hingga SMA ini. Diantaranya, lomba futsal, MHQ, archery, gymnastic, marawis, poster, video lingkungan, dan creative marathon. Selain itu, ada pula games water adventure dan student art exhibition bertemakan My Way to Dakwah.

Cegah Radikalisme, Kemag Revisi Kurikulum Pendidikan Agama

"Tercatat yang kita undang untuk menghadiri festival ini berasal dari 50 sekolah berbasis Islam mulai tingkat SMP, SMA, boarding school, pondok pesantren, dan sekolah tahfiz," sambung Adelina.

Dari semua kegiatan itu, kata Adelina, pihaknya berharap sekolah dapat memberikan motivasi dan menyalurkan bakat serta minat siswa salah satunya terhadap seni dan budaya.

"Kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2008 ini, berupaya menumbuhkan semangat peserta didik agar melalui seni mereka dapat menghasilkan karya terbaik dan mengejar prestasi," tandas Adelina.

 

 



Sumber: BeritaSatu.com