Sembilan Perusahaan Minati Layanan Bike Sharing

Sembilan Perusahaan Minati Layanan Bike Sharing
Peminjaman sepeda dan otopet gratis di Jalan Jend Sudirman dan Thamrin, Jakarta. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, sudah ada sembilan perusahaan yang berminat untuk menyediakan layanan bike sharing di Jakarta.

"Layanan bike sharing itu sekarang sedang kita bahas. Sekarang sudah ada sembilan perusahaan yang minat untuk masuk," kata Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Baca Juga: Pinjam Sepeda dan Otopet Gratis Ada di Sudirman dan Thamrin

Syafrin Liputo mengungkapkan, sebelum menerapkan layanan bike sharing, terlebih dahulu akan disediakan regulasinya. Hal tersebut bertujuan, untuk melindungi perusahaan yang menyediakan layanan serta masyarakat sebagai pengguna.

"Tentu kita harus siapkan regulasinya yang benar. Sehingga, nanti mereka dalam berusaha itu terfasilitasi secara baik. Kemudian, masyarakat dalam menerima layanannya juga sesuai dengan standar yang kita tetapkan nantinya,” terang Syafrin Liputo.

Layanan bike sharing ini, rencananya akan disediakan di lokasi yang dinilai memiliki tingkat permintaan (demand) tinggi. "Seperti di stasiun dan halte Transjakarta. Itu biasanya disana demand-nya tinggi," tutur Syafrin Liputo.

Baca Juga: Monas Sediakan Penyewaan Sepeda Gratis Berbasis Aplikasi

Menyoal kapan pastinya layanan bike sharing akan diterapkan di Jakarta, Syafrin Liputo enggan memberikan komentar lebih lanjut. "Sudah mengajukan nama sebenarnya mereka. Tunggu tanggal mainnya,” ungkap Syafrin Liputo.

Saat ini, layanan bike sharing sudah ada di kawasan wisata Monas. Pemprov DKI bekerja sama dengan Gowes selaku operator bike sharing di kawasan Monas. Dengan layanan tersebut, pihak Gowes menyediakan 100 sepeda yang bisa digunakan secara gratis oleh pengunjung Monas untuk berkeliling kawasan Monas.

Sebelum menggunakan layanan sepeda gratis tersebut, pengunjung cukup mengunduh aplikasi Gowes melalui Playstore atau Appstore. Setelah itu, pengunjung diminta melakukan pengindaian pada kode unik yang ada di belakang sepeda.



Sumber: BeritaSatu.com