Anies Resmikan JakGrosir Pulau Tidung

Anies Resmikan JakGrosir Pulau Tidung
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan JakGrosir dalam Puncak Acara Festival Bahari Jakarta 2019, di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, pada Minggu (22/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / JAS Minggu, 22 September 2019 | 18:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan JakGrosir dalam Puncak Acara Festival Bahari Jakarta 2019, di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, pada Minggu (22/9/2019).

JakGrosir ini merupakan pasar perkulakan pertama yang ada di Kabupaten Kepulauan Seribu. Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita dilakukan oleh Anies Baswedan di gedung JakGrosir yang terletak di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu.

Anies Baswedan mengatakan kehadiran JakGrosir ini untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu. Karena selama ini harga kebutuhan pokok, terutama bahan pangan di Kepulauan Seribu saat ini masih cukup tinggi dibandingkan dengan harga yang ada di daratan Jakarta.

“Alhamdulillah akhirnya terwujud juga JakGrosir di Kepulauan Seribu. Tujuan adanya JakGrosir ini adalah kebutuhan pokok warga di Kepulauan Seribu akan bisa didapat dengan harga yang jauh lebih murah,” kata Anies Baswedan di lokasi peresmian.

Dengan adanya JakGrosir, lanjut Anies Baswedan, kini masyarakat Kepulauan Seribu dapat berbelanja kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau. Hal ini sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta untuk menekan harga pangan.

Tidak hanya itu, ke depannya semakin terwujud kesetaraan dalam pemenuhan kebutuhan pokok berkualitas dan terjangkau, khususnya bahan pangan, bagi masyarakat Jakarta di Kepulauan Seribu.

“Dengan begitu, masyarakat di Kepulauan bisa menikmati kesetaraan. Ini kita dorong bersama. Kalau di Jakarta antara kawasan kepulauan dengan daratan bisa terjadi kesetaraan harga, dan bisa menjamin kebutuhan, khususnya kebutuhan pangan bagi masyarakat di kepulauan, maka kita mengirimkan pesan yang sangat kuat kepada seluruh Indonesia,” ujar Anies Baswedan.

Pembangunan JakGrosir sebagai pusat perkulakan di Kepulauan Seribu memang menjadi salah satu program prioritas Pemprov DKI Jakarta. Juga merupakan salah satu bentuk perwujudan dari strategi utama pengendalian inflasi Ibu Kota yang diterapkan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta.

“Lebih rendahnya harga suplai barang yang diterima oleh pedagang diharapkan diikuti dengan harga yang lebih murah dan stabil ditingkat konsumen. Hal ini akan mendukung terkendalinya inflasi di Ibu Kota,” terang Anies Baswedan.

JakGrosir di Kepulauan Seribu dibangun di atas lahan seluas 3.300 meter persegi dengan luas bangunan 492 meter persegi. JakGrosir Pulau Tidung Kecil akan buka setiap hari pada pukul 07.30 - 17.00 WIB.

Dalam acara yang sama, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan dengan beroperasinya JakGrosir di Pulau Tidung Kecil ini, maka nantinya kebutuhan pangan murah untuk pulau-pulau yang ada di seluruh Kepulauan Seribu juga akan disalurkan dari sana.

Ke depan, JakGrosir diharapkan dapat hadir di wilayah atau pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Dengan begitu, penyaluran pangan murah dapat lebih cepat sampai kepada masyarakat.

“Melalui JakGrosir, pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing. Inilah yang kita kendalikan bagaimana harga di end user itu bisa dikontrol, sehingga masyarakat di pulau bisa terjaga daya belinya,” kata Arief Nasrudin.

Untuk target penjualan sendiri adalah para pedagang yang ada di Kepulauan Seribu. Selain itu, para pemilik Kartu KJP, Pekerja Harian Lepas (PHL), PPSU, kaum Disabilitas dan kaum Lansia juga akan mendapatkan pangan murah bersubsidi. Dengan harga yang terjangkau dan adanya kepastian harga serta ketersediaan bahan pangan tersebut, masyarakat Jakarta di Kepulauan pun dapat lebih sejahtera.

“Di samping itu, kehadiran JakGrosir Pulau Tidung Kecil ini turut membuka lapangan kerja, di mana pegawainya diutamakan adalah warga pulau tersebut,” ujar Arief Nasrudin.



Sumber: BeritaSatu.com