Jakarta Muharram Festival

Dishub Lakukan Penutupan Jalan Thamrin dan Sudirman

Dishub Lakukan Penutupan Jalan Thamrin dan Sudirman
Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FER Sabtu, 31 Agustus 2019 | 16:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI melakukan penutupan jalan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman, terkait digelarnya acara Jakarta Muharram Festival untuk menyambut Hari Tahun Baru 1441 Hijriah di Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019) malam.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Syafrin Liputo, mengatakan, penutupan jalan sudah dilakukan sejak pukul 15.00 WIB. Pasalnya, acara akan dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Adapun penutupan ruas jalan akan dilakukan di beberapa titik. Yaitu, ruas Jalan MH Thamrin sisi timur dan barat, dari samping Sarinah hingga Bundaran Hotel Indonesia. Lalu, ruas Jalan Jend Sudirman sisi barat, tepatnya dari Dukuh Atas sampai Bundaran Hotel Indonesia. Terakhir, ruas Jalan Imam Bonjol. Dari Bundaran Hotel Indonesia sampai samping Jalan Agus Salim.

"Dengan adanya penutupan ruas jalan di beberapa titik ini, kami pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas,” kata Syafrin Liputo.

Rencana pengalihan arus lalu lintas adalah arus lalu lintas dari arah Jalan Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jalan MH. Thamrin dialihkan lurus ke Jalan Wahid Hasyim sisi Barat.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Kacang Raya yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Jalan Pamekasan atau belok kanan menuju Jalan Agus Salim.

"Kemudian, arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menujuBundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (dukuh atas) menuju Jalan RM. Margono Djodjohadikoesoemo,” ujar Syafrin Liputo.

Atas dasar rekayasa lalu lintas tersebut, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan yang ditutup maupun dialihkan. Serta dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, dan mengutamakan keselamatan di jalan.

"Kami menyarankan kepada masyarakat yang membawa kendaraan bermotor dan turut serta memeriahkan momen pergantian Tahun Baru Hijriah untuk memarkirkan kendaraannya di beberapa lokasi. Antara lain, di IRTI Monas, Jalan Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri," papar Syafrin Liputo.

Untuk menghindari arus kepadatan kendaraan dari dan ke lokasi kegiatan, tambahnya, masyarakat juga dapat menggunakan fasilitas transportasi umum massal, seperti MRT Jakarta, Transjakarta, dan Kereta Commuter Line.

Untuk itu, Dishub DKI juga akan melibatkan 303 petugasnya untuk berjaga serta memandu rekayasa lalu lintas di beberapa titik sekitar lokasi kegiatan melalui penutupan dan pengalihan arus mobilitas kendaraan bermotor.





Sumber: BeritaSatu.com