Jadi Calon Ketua DPRD DKI, Ida Mahmudah: Saya Siap

Jadi Calon Ketua DPRD DKI, Ida Mahmudah: Saya Siap
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 mengucap sumpah jabatan saat pelantikan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (26/8/2019). Sebanyak 106 orang dilantik menjadi anggota DPRD DKI Jakarta. (Foto: ANTARA FOTO / Dhemas Reviyanto)
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 29 Agustus 2019 | 20:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ida Mahmudah menyatakan siap bila terpilih atau ditugaskan menjadi Ketua DPRD DKI periode 2019-2024.

"Saya siap dijadikan anggota (dewan), dijadikan apa saja. Semuanya harus siap ditugaskan dimana saja. Kita kan petugas partai, kemana saja harus siap. Sebagai anggota juga enak kok. Selama lima tahun menjadi anggota saya enak kok,” kata Ida Mahmudah di DPRD DKI, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Ida mengungkapkan, 25 anggota DPRD DKI terpilih yang merupakan kader PDIP pasti akan siap bila dipilih menjadi pemimpin. Baik itu Ketua DPRD DKI, ketua komisi maupun ketua fraksi. Karena, seluruh anggota fraksi PDIP DPRD DKI adalah petarung.

"Semua kader PDIP ada 25 orang, pasti siap. Kita sudah bertarung di lapangan. Kita semuanya petarung. Pasti tidak ada yang tidak siap. Kalau bicara siap atau tidaknya, pasti semuanya siap. 25 orang, semuanya siap,” tegas Ida Mahmudah.

Menurutnya, pengalamannya menjadi Ketua Komisi A DPRD DKI periode 2009-2014 akan menjadi pengalaman yang baik untuk menjadi seorang pemimpin. Selama lima tahun menjadi Ketua Komisi A, ia bersyukur tidak pernah ada masalah apa pun.

"Saya pernah memimpin Komisi A periode 2009-2014. Alhamdulillah tidak ada kasus. Berjalan dengan baik,” ujar Ida Mahmudah.

Ketika ditanya apakah dia sudah menjalani fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, ia tidak mau menjawabnya. Ia meminta wartawan untuk bertanya langsung ke DPP. "Kalau itu, tanya ke DPP saja," ungkap Ida Mahmudah.

Meski mengaku dirinya siap ditugaskan dimana saja, termasuk bila terpilih menjadi Ketua DPRD DKI, Ida Mahmudah menegaskan semua keputusan diserahkan kepada keputusan DPP PDIP. Apalagi saat ini, masih ada tiga kandidat calon Ketua DPRD DKI, yaitu Gembong Warsono, Prasetio Edi Marsudi dan dirinya sendiri.

Menurutnya, meski Gembong Warsono sudah dipastikan menjadi Ketua Fraksi PDIP periode 2014-2024, tetap punya kesempatan yang sama dengan dirinya dan Prasetio Edi Marsudi.

"Semua saya serahkan pada keputusan DPP. Kita sebagai kader menunggu keputusan dari DPP. Kita masih menunggu. Kan masih rapat internal. Dan Gembong masih punya kesempatan yang sama. Jadi masih tiga nama meski ia sudah menjadi Ketua Fraksi,” terang Ida Mahmudah.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Beritasatu.com, saat ini, kandidat Ketua DPRD DKI periode 2019-2024 mengerucut menjadi dua nama. Yaitu Ida Mahmudah dan Prasetio Edi Marsudi. Menyusul, Gembong Warsono yang sudah diusulkan menjadi Ketua Fraksi PDIP oleh DPD PDIP DKI Jakarta.

Kedua kandidat tersebut, dikabarkan telah menjalani fit and proper test yang dilakukan oleh Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.



Sumber: BeritaSatu.com