Dua Pekan Perluasan Ganjil Genap, Laju Kendaraan Meningkat 9%

Dua Pekan Perluasan Ganjil Genap, Laju Kendaraan Meningkat 9%
Kendaraan saat melintas di jalan Gatot Subroto yang diberlakukan sistem ganjil-genap hari ke dua, Jakarta, 2 Agustus 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Lenny Tristia Tambun / FER Jumat, 23 Agustus 2019 | 17:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Hampir dua pekan penerapan kebijakan perluasan pembatasan kendaraan bermotor melalui sistem nomor pelat ganjil dan genap, laju kendaraan bermotor menjadi lebih cepat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan hasil evaluasi penerapan uji coba perluasan ganjil genap yang telah dilakukan sejak 12 Agustus 2019, membuahkan hasil yang baik. Diantaranya, kinerja lalu lintas kendaraan bermotor semakin baik.

"Jadi hasilnya secara keseluruhan, kinerja lalu lintas baik," kata Syafrin Liputo, Jumat (23/8/2019).

Diungkapkanya, kecepatan lalu lintas kendaraan bermotor dari awalnya 25,6 kilometer (km) per jam, kini meningkat menjadi 28 km per jam atau naik sekitar 9 persen. Waktu tempuh lalu lintas juga naik menjadi 10 persen. "Kemudian untuk angkutan umum, waktu tempuh bus Transjakarta juga naik 20 persen,” ujar Syafrin Liputo.

Dengan adanya peningkatan kecepatan lalu lintas kendaraan di ruas jalan yang diterapkan ganjil genap, lanjut Syafrin, telah memberikan pengaruh besar terhadap berkurangnya kemacetan dan penurunan polusi udara.

"Berpengaruh sekali. Untuk kualitas udara, dari dua pos pemantauan yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup, itu PM 2.5 turun 18,5 persen di Bundaran HI. Sementara di Kelapa Gading turun 13,51 persen,” jelas Syafrin Liputo.

Melihat uji coba ganjil genap berjalan cukup baik, pihaknya merencanakan penerbitan regulasinya. Saat ini, Dishub DKI sedang menyusun regulasi perluasan ganjil genap di Jakarta.

"Ini kita sedang susun regulasinya. Kemudian kita akan uji publikkan, rencananya minggu depan. Termasuk untuk taksi online, itu sedang kita bahas. Nanti akan diumumkan oleh Pak Gubernur,” terang Syafrin Liputo.



Sumber: BeritaSatu.com