Cegah Bencana Banjir, Kapolda Sumut Dorong Penanaman Pohon

Cegah Bencana Banjir, Kapolda Sumut Dorong Penanaman Pohon
  Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, menggalakkan penanaman pohon mengantisipasi bencana banjir, Jumat (10/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Arnold Sianturi )
Arnold H Sianturi / FER Jumat, 10 Januari 2020 | 16:39 WIB

Langkat, Beritasatu.com - Sebagai bentuk mengantisipasi musibah bencana alam, Polda Sumut bersama jajarannya melakukan penanaman 57.300 bibit pohon di kabupaten maupun kota di Sumut. Tanaman keras yang ditanam itu dapat mencegah banjir.

Kapolda Sumut Pantau Kamtibmas dengan Bersepeda

"Reboisasi ini sebagai langkah untuk mencegah bencana banjir dan longsor," ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, saat melakukan penanaman pohon di Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai di Kabupaten Langkat, Jumat (10/1/2020).

Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Khusin Dwihananto bersama pejabat utama Polda Sumut juga turut dalam melakukan penanaman pohon bersama Kapolda Sumut. Rombongan Kapolda ini menggowes sepeda mengunjungi SPN Hinai Langkat.

Kapolda menyampaikan, pohon yang ditanami itu berupa, pohon mangga, durian, mahoni, rambutan, jambu, jeruk, lemon, klengkeng, trembesi, Jati Putih, Ketapang, Macadomia maupun lainnya. Untuk di Langkat, ada sebanyak 1.500 pohon yang ditanam.

Kapolda Minta Gubernur Sumut Jangan Segan Beri Perintah

Kapolda berjanji, jajarannya bersama dengan Pemprov Sumut dan seluruh kepala daerah serta organisasi masyarakat akan menggalakkan kegiatan reboisasi.

"Pohon ini penting untuk serapan air dan perbaikan lahan serta lingkungan," kata Martuani Sormin.

Seusai penanaman pohon, Kapolda dan Siswa SPN Hinai menabur bibit ikan di kolam larangan sedalam 2,5 meter. Kolam ini sengaja dibuat dan akan dipanen setahun sekali.

 



Sumber: Suara Pembaruan