Jabodetabek Siap-siap Menghadapi Hujan Ekstrem

Jabodetabek Siap-siap Menghadapi Hujan Ekstrem
Nelayan bergotong royong membuat bagan di Pantai Talangsiring, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu 8 Desember 2019. Menjelang musim hujan atau memasuki musim tangkap ikan teri paron, nelayan di daerah itu mulai melakukan persiapan. Salah satunya membuat alat tangkap berbahan bambu atau bagan. (Foto: Antara Foto)
Ari Supriyanti Rikin / EAS Senin, 9 Desember 2019 | 10:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sudah memasuki awal musim hujan. BMKG memprediksi potensi curah hujan tiga hari ke depan di wilayah Jabodetabek umumnya pada kisaran intensitas ringan hingga sedang, dengan konsentrasi cukup tinggi di wilayah Bogor, Tangerang, Selatan dan Timur Jakarta serta Bekasi.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mengatakan, secara umum hujan di wilayah Jabodetabek dapat terjadi pada siang hingga sore hari.

“Berdasarkan prakiraan musim BMKG, periode musim hujan di wilayah Jabodetabek tahun 2019/2020 cukup variatif,” kata Miming saat dihubungi Beritasatu.com, melalui telepon, Senin (9/12/2019).

Miming menambahkan, untuk wilayah DKI bagian utara, pusat, barat, dan timur, musim hujan umumnya masuk pada periode 1 Desember, sedangkan untuk wilayah selatan Jakarta, musim hujan umumnya sudah masuk sejak bulan November.

"Kondisi tersebut sudah terlihat di wilayah selatan, di mana curah hujan umumnya terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang. Bahkan sesekali lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang," paparnya.

Sementara itu untuk prakiraan cuaca di wilayah lain di Indonesia, BMKG memprediksi adanya potensi hujan lebat tiga hari ke depan di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogjakarta, Jawa Timur, sebagian Kalimantan, Sulawesi Tengah, Sulewesi Utara dan sebagian Papua.

"Potensi cuaca ekstrem perlu diwaspadai di wilayah-wilayah terutama untuk wilayah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," ucapnya.

Waspada
Sementara itu, Miming mengingatkan selama Desember ini, potensi hujan lebat dan cuaca ekstrem masih cukup signifikan sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat. BMKG pun mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terkait potensi cuaca ekstrem dan selalu meng-update informasi potensi cuaca ekstrem dari BMKG melalui kanal informasi, media, media sosial @InfoBMKG.

Selain itu, untuk menghadapi musim hujan diharapkan masyarakat siap siaga terhadap potensi hujan lebat dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Hal ini penting untuk menghindari potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor.



Sumber: Suara Pembaruan