Pelindo III danTNI Sinergi Tanam Ribuan Bibit Bakau

Pelindo III danTNI Sinergi Tanam Ribuan Bibit Bakau
PT Pelindo III melakukan penanaman sebanyak 51.900 bibit bakau di sejumlah wilayah di Cilacap, Semarang, Benoa, Kupang, Lembar, Tanjung Wangi, dan Maumere. ( Foto: istimewa )
Thresa Sandra Desfika / CAH Rabu, 9 Oktober 2019 | 10:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pelindo III melakukan penanaman sebanyak 51.900 bibit bakau di sejumlah wilayah di Cilacap, Semarang, Benoa, Kupang, Lembar, Tanjung Wangi, dan Maumere. Kegiatan itu merupakan kontribusi perusahaan dalam turut serta mengikuti program TNI menanam lebih dari 300.000 mangrove secara serentak dari Sabang-Merauke.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto menjelaskan, Pelindo III menyambut positif program penanaman mangrove secara serentak yang dilakukan TNI dari Sabang sampai Merauke.

“Saya sangat bangga dapat langsung melakukan penanaman mangrove bersama TNI di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ini peran nyata menanam mangrove di mana kepedulian Pelindo III terhadap lingkungan adalah dengan menjaga ekosistem hutan mangrove di wilayah kerjanya," ujar Toto dalam keterangannya, Rabu (9/10/2019).

Hadirnya hutan mangrove, lanjut dia, sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai.

"Selain itu, peran penting hutan mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi," kata Toto.

Toto menekankan, aksi penghijauan ini sebagai wujud sinergi antara TNI bersama dengan Pelindo III dan masyarakat yang memberikan manfaat bagi lingkungan, khususnya di sekitar wilayah laut dan pantai.

"Penanaman bibit mangrove merupakan bentuk nyata Pelindo III dalam perwujudan pelestarian lingkungan melalui penghijauan dan untuk keberlanjutan kehidupan anak cucu di masa yang akan datang," tandas dia.



Sumber: BeritaSatu.com