Logo BeritaSatu

MCAS-F People Dorong Desainer Fesyen Rilis Koleksi Digital

Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Cosmize, proyek metaverse global sebagai wadah kegiatan yang menghubungkan karya seni otentik dalam bentuk NFT, menggandeng The F People, media gaya hidup, untuk merangkul komunitas fashion dan mempertemukan mereka dengan desainer-desainer. Para desainer dapat membuat desain untuk dipakai avatar Cosmize yang dibeli dalam bentuk NFT. Untuk itu, digelar acara fashion show virtual yang didukung PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melalui anak usaha V2 Indonesia, perusahan solusi audio-visual berteknologi tinggi.

“Kami mendukung inovasi yang dilakukan The F People dan Cosmize yang mengkolaborasikan fashion, metaverse, serta NFT," kata CEO V2 Indonesia, Rudi Hidayat dalam keterangan tertulisnya Minggu (28/8/2022).

Dalam project kolaborasi ini, Cosmize & The F People memiliki misi mengedukasi dan memfasilitasi penggiat fashion dan industri kreatif di Indonesia menerbitkan koleksi digital dan mempersiapkan ekosistem menuju metaverse. Kini para desainer tak hanya bisa menciptakan koleksi fisik, juga memulai menciptakan koleksi digital yang nantinya bisa diaplikasikan di avatar dalam ekosistem metaverse.

Desainer muda Indonesia pertama yang terpilih dalam pilot project ini adalah Amot Syamsurimuda dengan koleksi “signature self love” untuk dijadikan koleksi NFT. Kali ini prosesnya dimulai secara terbalik, dari koleksi fisik sebanyak enam pieces, ditransformasikan menjadi digital dimulai gambar pola dan pattern secara digital. Lalu dikenakan para model dalam bentuk avatar. Proses pembuatan avatar ini pun sama, model difoto dari segala sisi kemudian dijadikan versi avatar. Kolektor NFT akan mendapatkan kesempatan terlibat dalam kampanye koleksi Amot Syamsurimuda dan mendapatkan sesi fashion discussion. Koleksi NFT Amot Syamsurimuda yang pertama ini ditawarkan mulai Rp 1 juta.

Sementara untuk mengedukasi NFT dan metaverse, Cosmize bersama The F People yag didukung V2 Indonesia, anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) menggelar event bertajuk “Future is Present” belum lama ini yang menampilkan virtual fashion show dilanjutkan real fashion show dengan model dan koleksi yang sama, untuk memberikan gambaran dunia metaverse.

Rudi Hidayat mengatakan acara ini merupakan momentum untuk memperkenalkan ke masyarakat bahwa teknologi metaverse dapat digunakan di berbagai aspek salah satunya dunia fashion atau industri kreatif di Indonesia. "Saya berhadap ke depannya metaverse semakin berkembang dan merambah ke industri lainnya. Kami senang dapat berkolaborasi dengan designer, content creator, dan creative people," ungkap Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia

V2 terus melakukan inovasi guna menjadi yang pertama dari sisi penggunaan teknologi terkini. V2 Indonesia berupaya memperluas jangkauan bisnis dengan membuat core business baru yaitu industri digital yang fokus pada teknologi terkini yaitu XR (eXtended reality), AR (augmented reality), VR (virtual reality), MR (mixed reality), AI (artificial intelligence), robotic, dan metaverse.

CEO The F People Rachel Octavia mengatakan The F People ingin menjadi katalis bagi insan fashion dan kreatif di Indonesia yang mendukung menciptakan koleksi digital. Selain itu, mengedukasi dan memfasilitasi, sehingga para desainer dan insan kreatif Indonesia fokus pada karya kreatifnya. "Kami yakin kontribusi ini akan berarti bagi percepatan digital industri fashion dan kreatif di Indonesia," kata dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pernikahan Kaesang dan Erina, Keluarga Jokowi Pesan 86 Beskap dan Jarik

Busana Jawi Suratman mendapat kepercayaan dari keluarga Presiden Jokowi untuk membuatkan busana untuk acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Adinda dan Agustin Akan Tarik Kereta Kencana Kaesang dan Erina

Kirab kereta kuda akan mewarnai pesta pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022 mendatang.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Kreasi Payung Batik Klaten Tembus Pasar Mancanegara

Proses pembuatan payung batik membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, tergantung ukuran dan motif batik yang diinginkan konsumen.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Untuk Gamers dan Kolektor NFT, Bukalapak Gelar Itemku Gamecon

Itemku menggelar acara Itemku Gamecon pada hari ini hingga besok 25-26 November 2022 di Senayan Park (Spark), Jakarta.

LIFESTYLE | 26 November 2022

Cara Cepat Deteksi Benjolan Abnormal Payudara ala Siloam Hospitals

Benjolan pada organ payudara sebenarnya dapat diketahui melalui sentuhan. Ada cara cepat untuk mendeteksi benjolan abnormal payudara.

LIFESTYLE | 25 November 2022

HSMUN Jadi Ajang Berlatih Seni Diplomasi ala PBB

HighScope Model United Nations (HSMUN) menjadi ajang berlatih seni diplomasi ala Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA).

LIFESTYLE | 25 November 2022

IdeaFest 2022 Jadi Motor Penggerak Industri Kreatif

Sempat dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, IdeaFest 2022 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

LIFESTYLE | 25 November 2022

Mendekati Hari Pernikahannya, Kaesang Mengaku Stres

Dua minggu menjelang pernikahannya dengan Erina Gudono, Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengaku makin stres.

LIFESTYLE | 25 November 2022

Film Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang Jadi Sekuel Kedua Setelah NKCTHI

Film berjudul Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang (JJLP) akan jadi sekuel kedua kisah kehidupan tokoh bernama Aurora yang tinggal jauh dari keluarga.

LIFESTYLE | 24 November 2022

IdeaFest 2022 Siap Jadi Wadah Kolaborasi Insan Kreatif Berbagi Ide

Ajang Ideafst yang mengangkat tema "Re:alyty Re:defined" ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta sejak 24 -27 November 202.

LIFESTYLE | 25 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE